Kisah Abdu Darda dan Dzikir Penangkal Musibah

 
Kisah Abdu Darda dan Dzikir Penangkal Musibah
Sumber Gambar: Ilustrasi Kebakaran/CNN

Laduni.ID, Jakarta – Seorang laki-laki berlari tergopoh-gopoh menghampiri Abu Darda, “Wahai Abu Darda, rumahmu kebakaran,” ucapnya, sebagaimana disebut dalam riwayat Thalq bin Habib, yang dinukil oleh Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqh Sunnah.

“Tidak mungkin, Allah SWT tak mungkin melakukan itu,” jawab Abu Darda.

“Mengapa demikian?” tanya laki-laki itu.

“Sebab aku membaca dzikir yang aku dengar dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, bahwa orang yang membacanya di pagi hari maka dia tidak akan tertimpa musibah hingga sore, dan siapa yang membacanya pada sore hari maka ia tak akan terkena musibah hingga pagi hari,” jawab Abu Darda.

“Dzikir apakah itu?” laki-laki itu kembali bertanya.

Abu Darda pun menjawab:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَأَنْتَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، مَا شَاءَ اللهُ كَانَ، وَمَا لَمْ يَشَأْ لَمْ يَكُنْ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ، أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، إِنَّ رَبِّي عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Abu Darda pun segera menghampiri rumahnya diikuti orang-orang. Ternyata rumah-rumah tetangganya telah habis dilahap si jago merah. Hanya rumah Abu Darda saja yang masih kokoh berdiri, seolah-olah tak tersentuh api. Allah melindungi rumahnya dan menyelamatkan dari kebakaran.

Sumber doa: Hadis riwayat Imam Baihaqi dan Ibnu Sini
Dikutip dari unggahan FB Gus Dewa pada 4 Februari 2022


Editor: Daniel Simatupang