Inilah Lima Tanda Orang Bertakwa

 
Inilah Lima Tanda Orang Bertakwa
Sumber Gambar: takwa.id (foto istimewa)

Laduni.ID, Jakarta – Secara etimologis , kata “taqwa” berasal dari bahasa arab. Kata taqwa memiliki kata dasar waqa yang berarti menjaga, melindungi, hati-hati, waspada, memerhatiakn, dan menjauhi. Adapun secara terminologis, kata “taqwa” berarti menjalankan apa yang diperintahankan oleh Allah SWT dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya.

Para penerjemah Al-Qur’an mengartikan “taqwa” sebagai kepatuhan, kesalihan, kelurusan, perilaku baik, teguh melawan kejahatan, dan takut kepada Tuhan. Allah SWT berfirman (Q.S.Ali Imran 3:102)

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah SWT sebenar-benar taqwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim”.

Taqwa adalah sikap mental seseorang yang selalu ingat dan waspada terhadap sesuatu dalam rangka memelihara dirinya dari noda dan dosa, selalu berusaha melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar, pantang berbuat salah dan melakukan kejahatan pada orang lain, diri sendiri dan lingkungannya.

Dari berbagai makna yang terkandung dalam taqwa, kedudukannya sangat penting dalam agama islam dan kehidupan manusia karena taqwa adalah pokok dan ukuran dari segala pekerjaan seorang muslim. Berikut ini lima tanda orang yang bertakwa:

1. Jika cahaya memantul ke wajah maka ia akan tampak agung berwibawa sekaligus mempesona jiwa.

2. Jika cahaya memantul ke akal maka ia akan mengaliri hikmah-hikmah kebijakasanaan.

3. Jika cahaya memantul ke qalbu maka ia penuh kedamaian dan kepuasan.

4. Jika cahaya memantul ke lubuk hati maka ia selalu merasakan kehadiran Allah dalam segala waktu dan tempat.

5. Jika cahaya memantul ke sirri atau rahasia batin maka ia akan merasakan sebagai ana kulli atau aku universal yang menyadari bahwa semua makhluk tak lain DiriNya sendiri.

Jika menemui pribadi (5 karakter diatas) itu dialah “Rabbani”, Sang pewaris sejati Nabi. Maka pandanglah wajahnya, ciumlah tangannya sentuhalah kakinya, dan dengan setiap ujarnya serta patuhilah dia dengan segenap rasa cinta dan penghormatan. Dengan demikian, kita telah memperoleh keberkahan di atas semua keberkahan yang tak terhingga nilainya.

Takwa selain menjadi kedudukan yang sangat penting dalam agama islam dan kehidupan manusia, juga Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa manusia yang sebenar-benar bertakwa. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Anfal ayat 29:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ تَتَّقُوا اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّكُمْ فُرْقَانًا وَّيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْۗ وَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ (٢٩)

Artinya: “Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. Al-Anfal Ayat 29)


Editor: Nasirudin Latif