Tanda Kebodohan: Merasa Tahu Semua Hal

 
Tanda Kebodohan: Merasa Tahu Semua Hal
Sumber Gambar: Tangkapan layar Youtube Mr3okasha (ilustrasi foto)

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Ibnu Ajibah rahimahullah dalam Iqhodz Al-Himam Syarah Al-Hikam, menyebutkan bahwa Ibnu Athoillah as-Sakandari Asy-Syadzili Al-Maliki rahimahullah (1250 - 1309 M) mengatakan :

مَنْ رَأَيْتَهُ مُجِيْبًا عَنْ كُلِّ مَا يُسْأَلُ وَمُعْبِرًاعَنْ كُلِّ مَا شَهِدَ وَذَاكِرًا لِكُلِّ مَا عَلِمَ فَاسْتَدَلَّ بِذَالِكَ عَلَى وَجُوْهِ جَهْلِهِ

“Saat kamu melihat ada orang yang menjawab semua pertanyaan, menggambarkan setiap yang dia lihat, dan menceritakan setiap yang dia ketahui, maka semua itu menunjukkan kebodohannya.”

Dari pesan diatas, ada tiga tanda kebodohan, yaitu :Pertama, mujiiban ‘an kulli maa suila. Tanda kebodohan bisa tampak dari mereka yang selalu menjawab setiap persoalan. Orang yang masuk kategori ini bisa juga dikatakan sebagai orang yang sombong. Pasalnya, ia merasa bisa menjawab segala hal dan sok tahu banyak hal.

Oleh karenanya, dia merasa malu kalau tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan. Orang seperti ini pintar mengarang, menutupi ketidaktahuannya dengan jawaban jawaban yang menyesatkan.

Kedua, mu’abbiran ‘an kulli maa syahida. Tanda kebodohan juga terlihat dari orang yang senang menceritakan apa saja yang dilihatnya. Padahal, sesuatu yang dilihatnya, belum tentu pasti kebenarannya.

Ketiga, dzaakiran kulla maa ‘alima. Tanda kebodohan terdapat pada orang yang menyebutkan apa saja yang diketahuinya Masuk dalam kategori ini orang orang yang banyak bicara. Ia tidak pandai memilah dan memilih mana yang harus diucapkan dan mana yang tidak.

Pun, jika ia menceritakan suatu kecacatan (kejelekan) orang lain, maka hal ini akan sangat berbahaya dan merupakan dosa besar. Kita tidak boleh menceritakan kejelekan orang lain karena itu merupakan rahasia Allah subhanahu wa ta’ala.

Katakan yang engkau ketahui, tapi tidak semua yang diketahui boleh engkau katakan,” demikian sering kita dengar orang bijak berkata. Atau, teringat mahfuzhat yang dihafal para santri, "likulli maqam maqal wa likulli maqal maqam", bahwa untuk setiap tempat ada ucapan yang sesuai dan untuk setiap ucapan ada tempat yang sesuai.

10 Tanda Orang Sok Pintar. Melansir dari idntimes.com, ada sepuluh tanda-tanda orang yang sok pintar dan merasa tahu segalanya (sok tahu), antara lain :

1. Tanda orang sok pintar adalah suka sibuk sendiri untuk hal hal yang gak penting.
2. Sudah pasti, orang yang sok pintar gemar meremehkan orang lain.
3. Orang yang sok pintar gampang marah ketika dikritik.
4. Alih-alih punya pendapat sendiri, orang sok pintar suka mencatut kata kata orang.
5. Selalu ingin dipuji adalah tanda orang sok pintar
6. Orang yang sebenarnya gak pintar itu justru suka ngomong terus meski tidak ditanya.
7. Tidak mau kalah dan enggan membuka pikiran adalah ciri orang yang sok pintar.
8. Orang yang sok pintar sering tidak mau mengakui ketidaktahuannya.
9. Kalau diamati lebih dalam, orang sok pintar pekerjaannya hanya membual.
10. Orang sok pintar itu tidak suka mendengarkan orang lain.

Written from various sources by Al-Faqir Ahmad Zaini Alawi Khodim Jama’ah Sarinyala Kabupaten Gresik


Editor: Nasirudin Latif