Pesantren Assalam Arya Kemuning Kutai Barat

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD3 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Assalam Arya Kemuning Kutai Barat

PROFIL  

Pesantren Assalam Kutai Barat berdiri dari awalnya Ustadz Arief Heri Setiyawan ditugaskan MUI dalam mensi'arkan agama Islam di  daerah Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Dengan keliling ke kampung-kampung door to door, menyampaikan tugas da’wah islam, setiap sore hari baru pulang ke asrama sambil membawa anak-anak yang mau dididik dan dibina tentang dinnul islam. Hal ini berlangsung kurang lebih satu tahun.

Tak terduga ketika ditengah-tengah ramainya kondisi pengajian santri setiap sore hari, ada oknum Danramil Kec.Barong Tongkok  yang berulah “mengultimatum untuk pindah” da’i Arief beserta santri, dari asramanya. Ultimatum ini diterima dan dilaksanakan oleh Ust. Arief, dengan maksud agar tidak terjadi konfrontasi secara terbuka dan melebar (sempat masuk Koran Meranti, Suara Kaltim, dan menjadi perhatian Korem Samarinda).

Mengetahui peristiwa ini, beberapa masyarakat kampung yang menjadi binaan Ust. Arief menawarkan beberapa tanah waqof yang berbeda letak dan luasnya.

Atas berkat, rohmat dan irodat Alloh SWT. Pondok Pesantren Assalam berdiri ditengah-tengah lingkungan masyarakat yang mayoritas Non Muslim, tentunya dengan mendapat dukungan masyarakat lingkungan sekitar. Dan inilah awal perintisan yang monumental. Terletak 5 km dari jalan raya Kampung Barong Tongkok, lokasi tanah jatah trans Arya Kemuning tahun 1965 yang sebagian sudah ditinggalkan oleh penduduknya, belum pernah diolah, kondisi masih asli berupa rawa-rawa.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.