Amalan Mustajab Agar Semua Hajat Dikabulkan

 
Amalan Mustajab Agar Semua Hajat Dikabulkan
Sumber Gambar: ayeb MEZAHDIA dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta - Diceritakan oleh Alm. Abah Guru Zuhdi: Al Imam Ahmad bin Hambal yang dikenal sebagai ulama besar dan imam mazhab, suatu hari beliau terdorong ingin pergi ke Baghdad. Sampai di Baghdad, beliau singgah di masjid. Lalu beliau shalat tahyatul masjid dan ingin istirahat. Namun malah dilarang oleh penjaga masjid. Lalu beliau pindah ke teras masjid untuk istirahat, ternyata masih di usir oleh penjaga, akhirnya beliau pun keluar masjid.

Lalu di luar masjid, Imam Ahmad bertemu dengan tukang roti. Karena iba melihat sang imam diusir, lalu di ajak si tukang roti tadi kerumah untuk istirahat, namun ternyata si tukang roti tidak tahu bahwa yang diajak adalah imam besar Ahmad bin Hambal.

Di rumah tukang roti, Imam Ahmad berbicara dengan tukang roti: "bagaimana keadaan dagangan rotimu?"

Dijawab oleh tukang roti: "Alhamdulillah semua hajat ku sudah terkabul berkat ku amalakan istighfar, namun ada satu hajat yang belum qobul, yaitu aku ingin bertemu imam Ahmad bin Hambal".

Imam Ahmad terkejut dan berkata berkata: "Aku lah Imam Ahmad bin Hambal". Langsung tukang roti tadi mencium tangan beliau

Imam Ahmad berkata: "Rupanya istighfar mu ini lah yang membawa ku ke kota Baghdad ini lalu bertemu dengan diri mu. Allah qobulkan hajat mu berkat amalan istigfarmu"

Dari sini, kita dapat ambil pelajaran betapa besar fadhilat istighfar. Namun tidaklah sekedar ucapan istigfar di mulut, tapi juga disertai hati yang hadir. Hati merasa, diri kitalah yang penuh dosa dizaman ini, semua orang baik, hanya kita yang berlumur dosa, hingga kita tidak mau meremehkan orang lain, inilah jalan ahli tasawuf sesungguhnya, wallahu 'alam.


Source: Instagram @pena_aswaja.id