Kerugian Orang yang Tidak Mau Sedekah

 
Kerugian Orang yang Tidak Mau Sedekah
Sumber Gambar: ahmadi19 / Pixabay (ilustrasi sedekah)

Laduni.ID, Jakarta - Harta yang kita miliki bukan semuanya milik kita, karena ada hak saudara-saudara kita di dalamnya. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk bersedekah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sedekah memiliki arti mengeluarkan harta untuk orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, atau phak-pihak yang berhak untuk menerimanya.

Berikut adalah beberapa kerugian orang yang tidak mau sedekah:

1. Terlilit banyak utang

Faktanya kita memiliki kewajiban bersedekah setiap hari. Bahkan setiap ruas tulang kita punya kewajiban untuk bersedekah. Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab bacaan tasbih itu adalah sedekah, tahmid adalah sedekah, tahlil adalah sedekah, takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah.” (HR. Muslim 1181)

2. Selalu Merasa tidak Puas

“Sesungguhnya yang namanya kaya adalah kayanya hati (hati yang selalu merasa cukup). Sedangkan fakir adalah fakirnya hati (hati yang selalu merasa tidak puas).” (HR. Ibnu Hibban)

3. Siksaan yang Pedih

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah: 34).

Semoga Allah SWT selalu memberikan kita semuanya kesehatan, kebahagiaan, kemudahan dalam segala urusan,  rezeki yang banyak dan barokah, ilmu yang bermanfaat, sukses dunia akhirat, selalu dalam lindungan Allah SWT dimana pun kita berada. Aamiin ya rabbal alamin.