Tiga Syarat Berbakti Kepada Orang Tua

 
Tiga Syarat Berbakti Kepada Orang Tua
Sumber Gambar: id.pngtree.com (ilustrasi poto)

Laduni.ID, Jakarta – Di dalam islam seorang anak diacarkan tentang berbakti kepada orang tua. Hal ini yang biasa disebut dengan birrul walidain. Wajib hukumnya bagi seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Seorang anak tidak dikatakan berbakti kepada kedua orang tua kecuali 3 syarat ini dipenuhi, berikut ini:

1. Mendahulukan Keridhoan Orang Tuan

Mendahulukan membahagiakan orang tua ketimbang dirinya sendiri, anaknya, istrinya dan seluruh manusia, karena terkadang sama orang lain baik, sama orang tuanya tidak baik, orang lain butuh bantuan, dia bantu dia berikan dia berupaya, tetapi justru ketika orang tuanya butuh sesuatu tidak di gubris.

2.Taat Kepada Orang Tua 

Diperintahkan orang tua ia taati, dilarang orang tua juga ia taati, kecuali kalau perintahnya itu bermaksiat kepada Allah SWT, tidak boleh seseorang taat kepada makhluknya Allah SWT tapi ketaatanya itu mengandung unsur perbuatan masiat kepada sang pencipta tidak wajib jika orang tua memerintahkan kepada kemasiatan tidak wajib seorang anak untuk mentaatinya tapi tetap wajib menghormati dan menjaga adab kepada mereka, bahkan jika kedua orang tua musyrik (non muslim) seorang anak wajib tetap menghormatinya karena itu perintah Allah SWT.

3. Memberikan Sesuatu kepada Orang Tua Sebelum mereka Meminta

Ini harus ada perhatian besar seorang anak terhadap kedua orang tua, sehingga cari tahu jika orang tua menginginkan sesuatu sebelum orang tua itu meminta. Seorang anak sudah memberikan apa yang diinginkan oleh orang tua dan ini tidak harus materi, karena keinginan orang tua tidak harus materi saja.

Rasulullah SAW bersabda :

رِضَا اللّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَيْنِ

Artinya: “Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim)

Semoga Allah SWT mengapuni dosa dosa kita, orang tua kita, keluarga kita, saudara saudara kita, teman teman kita, tetangga tetangga kita dan semua muslimin muslimat dan Allah SWT menjadikan kita semua anak yang berbakti kepada kedua orang tua.