Orang Tua Mendesak Segera Menikah

 
Orang Tua Mendesak Segera Menikah
Sumber Gambar: Gambar Ist

Assalamu’alaikum wr wb.
Saya B, cewek, usia 22 tahun dan sudah bekerja di sebuah instansi swasta. Curhat dong mbak Nur. Saat ini saya seringkali didesak oleh orang tua untuk segera menikah padahal pacar saja saya tidak punya dan tidak sedang dekat dengan cowok.

Saya jadi lebih sering berdiam diri di dalam kamar daripada berkumpul dengan anggota keluarga yang lain, karena kalau berkumpul ujung-ujungnya membahas kapan saya akan menikah. Sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya mbak ? Mohon pencerahan dari mbak Nur.
Terima kasih sebelumnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
B – Surakarta


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Halo B yang baik, Alhamdulillah saat ini B sudah memasuki tahapan usia dewasa yang tentunya memiliki tugas perkembangan yang lebih bertanggung jawab. Wajar tentunya jika orang tua menanyakan kapan kamu akan menikah, apalagi misalnya kamu tinggal di lingkungan yang mayoritas perempuan menikah di usia muda.

Baca juga: Mental yang Kuat Kunci Meraih Sukses

Namun, hal ini akan menjadi tidak baik jika orang tua terus-terusan mendesakmu menikah padahal tahu keadaanmu saat ini dan memperburuk komunikasi atau keakraban di keluarga. Dampak paling buruknya adalah sampai bisa menyebabkan depresi.

Coba simak hal-hal di bawah ini yang membuat kita tidak boleh terburu-buru menikah :
1.    Pernikahan bukanlah perlombaan yang mengharuskan kita cepat-cepat menikah.
2.    Pernikahan juga tidak bisa dilakukan jika seseorang tidak mampu berkomitmen dan bertanggung jawab dengan pasangannya.
3.    Pernikahan bukan hanya tentang romantisme saja, namun merupakan sebuah perjalanan hidup dan ladang ibadah sepanjang hidup kita. Ujian kehidupan akan datang silih berganti, naik turun bagaikan roller coaster.
4.    Memaksakan harus menikah dengan seseorang atau menikah di satu waktu tertentu yang membuatmu asal pilih nantinya.
5.    Belum ingin memperbaiki diri dan hanya fokus pada diri sendiri. Ingat pernikahan itu menyatukan dua pribadi dan dua pikiran, sehingga perlu belajar saling memahami dan memperbaiki diri.

Baca juga: Panic Attack Menyerangku

Pada kasusmu ini, kamu perlu menyampaikan pada orang tua mengenai keadaanmu dan mohon doa orang tua agar disegerakan jodohnya. Bahkan jika perlu perbolehkan orang tuamu mengenalkan anak dari temannya yang mungkin usianya sudah tepat dan siap untuk menikah, tentunya tetap dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang ya. Jangan lupa untuk terus berdoa, memohon kepada Allah untuk diberikan jodoh yang sholeh dan bertanggung jawab. Menikahlah jika kamu sudah memiliki niat menikah untuk beribadah dan bertekad menjadi istri yang baik bagi pasanganmu kelak.

Doa untuk memohon jodoh yang baik dimuat di artikel lain di web laduni.id, bisa dicek dan diamalkan ya setiap selesai sholat fardhu ataupun sunah. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun