Biografi KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa

 
Biografi KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa
Sumber Gambar: KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa (foto istimewa)

Daftar Isi Biografi KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa

1.         Riwayat Hidup
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1       Perjalanan Menuntut
2.2       Guru
2.3       Mendirikan Pondok Pesantren

3.         Penerus
3.1       Murid

4.         Teladan
4.1       Sederhana

5.         Referensi

6.        Chart Silsilah Sanad

1.         Riwayat Hidup
1.1       Lahir

KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa lahir di desa Buluagung Trenggalek, tepatnya pada tanggal 05 Mei 1946.

1.2       Wafat

KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa wafat pada usia 53 tahun pada tanggal 15 Juli 1998 M. beliau dimakamkan di sebelah barat masjid Al Fattah desa Pule Tanjung Nganjuk.

1.3       Keluarga

KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa merupakan putra pertama dari empat bersaudara atas pernikahan Imam Subadi dan Musrifah. Empat saudara beliau adalah:

  1. Ibu Nyai Ni’amah,
  2. KH. Imam Daroini dan
  3. K. Mukhtar Luthfi.

Pada usia 25 Tahun, KH. Moh. Nahrowi menikah dengan Tutik Andriyatin Binti Mukarrom,. Pada tahun 1973 pernikahan beliau berlangsung dengan sederhana. Meskipun dengan kesederhanaan, berkat rahmat Allah SWT, dan atas keikhlasan serta kepatuhan beliau kepada orang tua, keluarga beliau oleh Allh SWT, dikaruniai kelurga yang sakinah, mawaddah warrohmah.

2.        Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1      Perjalanan Menuntut Ilmu

Pada tahun 1954 ketika umur Beliau baru beranjak 6 Tahun, beliau sudah menjadi anak yatim, karena saat itu ayahanda beliau tercinta telah berpulang ke rohmatulloh.  Setelah 40 hari meninggalnya ayah beliau, kemudian beliau diajak oleh kakek dan neneknya untuk bertempat tinggal di Desa Warujayeng Nganjuk.

Setelah beliau menetap di warujayeng nganjuk, disinilah beliau mulai menimba ilmu agama dengan diasuh oleh K.Khorzin yang sekaligus paman beliau. Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Rakyat (SR) kemudian di teruskan ke jenjang SMP, lalu beliau melanjutkan ke Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri adalah tempat beliau menimba dan memperdalam ilmu agama. Selama mondok, beliau memperdalam ilmu Nahwu, shorof, Fiqh, Hadits, Tafsir dan Balaghoh. Diantara guru beliau adalah Al-Mukarrom KH. M. Anwar Manshur pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kediri, al-Mukarrom KH. Abdul Aziz Manshur yang sekarang sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi-ien Pacul Gowang Jombang, selain KH. Abdul Aziz Manshur, guru beliau adalah KH. Ilham Nadzir dari Pesantren Kediri dan juga KH. Sa’dulloh Zein dari Tawang Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk.

Setelah tamat dari Pondok Pesantren Lirboyo, beliau kemudian mengabdikan dirinya di Pondok Pesantren Bladu Probolinggo, selama 3 tahun beliau mengabdi, disanalah beliau mengamalkan apa yang telah beliau dapatkan di Lirboyo dan sekaligus mematangkan ilmu-ilmu yang diperolehnya.

Setelah beliau pulang dari Pondok Pesantren, beliau diharapkan untuk meneruskan perjuangan paman beliau yaitu K. Khorzin dalam mengajarkan ilmu agama di Mushola al-Fatta. Mushola al-Fatta adalah sebagai prasarana pendidikan bagi anak-anak sekitar tentang dasar-dasar agama islam. Dengan kesabaran, ketelatenan dan keistiqomahan beliau, akhinya semakin banyak anak-anak sekitar mushola tersebut ikut mengaji kepada beliau. Selain itu, beliaupun juga ikut mengajar di Pondok Kampungbaru yang saat ini diasuh oleh KH. Asfiya’ Hamida.

2.2       Guru

  1. KH. M. Anwar Manshur (Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kediri),
  2. KH. Abdul Aziz Manshur yang sekarang sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi-ien Pacul Gowang Jombang,
  3. KH. Ilham Nadzir,
  4. KH. Sa’dulloh Zein

2.3       Mendirikan Pondok Pesantren

Pada tahun 1979 KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa mendirikan Pondok Pesantren al-Fattah yang berlokasi di Dusun Pule Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjungaom Nganjuk.

Pondok Pesantren al-Fattah adalah pondok yang berorientasi pada pendidikan keagamaan, sosial kemasyarakatan, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai Salafy sebagai pondasinya. Sehingga di harapkan dimasa mendatang para santri dapat melestarikan perjuangan para Alim Ulama’ dalam mengembangkan Syiar Islam dalam berbagai kondisi dan situasi.

3.       Penerus
3.1     Murid

Murid-muird beliau adalah para santri di Pondok Pesantren al-Fattah Pule, Tanjunganom Kecamatan Nganjuk.

4.         Teladan
4.1       Sederhana

Secara garis besar KH. Moh. Nahrowi adalah sosok yang sederhana dan bersahaja. Beliau gemar melakukan Riyadlah; mengolah jiwa atau Tirakat, sehingga seakan hari-hari beliau hanya berisi pengajian, mengaji dan tirakat. Sosok KH. Moh. Nahrowi adalah sosok yang sangat istiqomah dan berdisiplin dalam beribadah.

5.         Referensi

Disadur dari berbagai sumber

6.         Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Moh. Nahrowi Zaenal Ali Musthofa dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 13 Juni 2022, dan terakhir diedit tanggal 13 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya