Biografi KH. Mahfudz Sarbini Kendal

 
Biografi KH. Mahfudz Sarbini Kendal
Sumber Gambar: KH. Mahfudz Sarbini Kendal (foto istimewa)

Daftar isi Biografi KH. Mahfudz Sarbini Kendal

1.         Riwayat Hidup
1.1       Lahir
1.2       Wafat

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1       Perjalanan Menuntut Ilmu
2.2       Guru

3.         Penerus
3.1       Murid

4.1       Teladan
4.1       Tirakat
4.2       Julukan Bapak Al-Qur’an

5.         Karomah

6          Chart Silsilah
6.1       Chart Silsilah Sanad

7.         Referensi

1.         Riwayat Hidup
1.1       Lahir

KH.Mahfudz Sarbini yang biasa dipanggil dengan Mbah kaji merupakan salah satu sosok Ulama kaliwungu yang memiliki karismatik, beliau lahir sekitar tahun 1920 anak pasangan dari H.sarbini dan Hj.Romlah.

1.2       Wafat

KH. Mahfudz Sarbini wafat pada tanggal 27 Rajab tahun 1993, tepatnya pada hari Ahad sore. Beliau dimakamkan tidak jauh dari rumahnya tepatnya daerah Kampung Tridasari.

2.        Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1      Perjalanan Menuntut Ilmu

Masa kecil Mbah Kaji dihabiskan di kampung kelahirannya, Krajan kulon Kaliwungu. Awal menuntut ilmu, beliau menghafalkan Al Qur’an langsung didik oleh KH. A. Badawi pernah mengaji tafsir dengan kiai Ibrahim, ilmu falaknya dengan Kiai Ahmad Hamim dan dengan ulama-ulama lainya disekitar kaliwungu, Lalu sempat melanjutkan berkelana menuntut ilmu agama didaerah solo, namun karna pada waktu itu sedang terjadi kekisruhan di daerah tempatnya mondok beliaupun akhirnya pulang kedaerah asalnya.

2.2       Guru

  1. KH. A. Badawi Abdurrosyid,
  2. Kiai Ibrahim,
  3. Kiai Ahmad Hamim

3.         Penerus
3.1       Murid

Banyak yang pernah menjadi murid beliau yang menjadi ulama-ulama ternama dikota kaliwungu seperti:

  1. KH. Aqib umar,
  2. KH.Nujumudin badawi,
  3. KH. Munawirudin badawi,
  4. KH. Baduhun badawi, dan masih banyak lagi murid beliau yang menjadi ulama-ulama besar disekitar kota kaliwungu bahkan sampai ada diluar jawa.

4.         Teladan
4.1       Tirakat

Mbah kaji memang sudah masyhur wira’inya. Di waktu ia kecil, ia sudah terbiasa tirakat, tidak pernah terlihat tidur dan makanannya tidak ada yang istimewa melainkan biasa saja. Beliau selalu menghabiskan waktu untuk menimba ilmu, baik dengan mengaji, mengajar atau mutola’ah. Sampai sudah tuapun, mbah kaji masih menjalankan keistiqamahannya itu dan tidak dikurangi bahkan ditambah.

4.2       Julukan Bapak Al-Qur’an

KH. Mahfudz Sarbini dijuluki oleh para ulama disekitar Kaliwungu sebagai bapaknya Al Qur’an, karna sejak sebelum nikah sudah menjadi imam tarawih di masjid Al Mutaqqin Kaliwungu kendal bersama KH.Asror Ridwan, KH Mahfudz Madian, Kiai Nasikhin, dan KH. Toha. Sejak kecil Beliau sudah menampakan kecerdasannya dan keshalihannya, pada umur 12 tahun beliau sudah rampung disimak 30 juz bil ghoib secara langsung oleh gurunya yang bernama KH .A.Badawi Abdurrosyid yang merupakan guru besar tahafudzul Qur’an sekota kaliwungu.

5.         Karomah

Pernah ada suatu kisah yang amat mencengangkan dari beliau sewaktu pertama kali mondok dipesantren daerah solo, ketika beliau disuruh untuk diantarkan santri kekamarnya, ternyata malah santri tersebut mengantarknya ke tempat pembuangan air besar atau wc, beliaupun di dalam dikunci selama 2 hari, tidak makan ataupun minum, bahkan santri tersebut malah tambah ingin mengerjainya, tapi ketika santri tersebut datang ke wc, malah seakan-akan yang diliatnya mbah kaji sedang makan-minum ditemani oleh kiainya bahkan disitu kiainya sedang belajar Al Qur’an dengan beliau, santri inipun kaget dan langsung pingsan ditempat, ketika sadar santri tersebut sudah berada dikamarnya dan dikerubuti oleh para santri yang lain.

Setelah itu sisantri tersebut menceritkan kepada kiainya, namun kiainya langsung kaget dan berlari menuju ke wc tersebut, dan dibukalah pintu ternyata mbah kaji sedang tidur dengan keadan lisan bersuarak ayat-ayat suci Al Qur’an, subhanallah.

Tak lama kemudian mbah kajipun dibangunkan oleh kiainya seraya dipeluk dan diajak ke kamar kiainya, kemudian iapun ditanya dan menjawab bahwa ketika beliau dikunci di kamar mandi beliau langsung tak sadarkan diri karna terlalu kecapekan karna perjalan jauh. Akhirnya mulai itulah beliau dikenal dan disegani dikalangan pondok pesantren tersebut. Wallahu a’lam

6         CHART SILSILAH
6.1      Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Mahfudz Sarbini Kendal dapat dilihat DI SINI.

7.         Referensi

Disadur dari berbagai sumber


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 16 Juni 2022, dan terakhir diedit tanggal 13 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya