Kisah Pemegang Kunci Ka’bah Masuk Islam

 
Kisah Pemegang Kunci Ka’bah Masuk Islam
Sumber Gambar: ahmadi hamsiar / Pixabay / Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Allah SWT berfirman tentang sebuah kejadian yang sangat mengharukan. Ketika Rasulullah SAW dan pasukan Muslim menaklukkan kota Mekkah, mereka masuk ke dalam kota Mekkah Mukarramah. Kemudian Rasulullah dan pasukan Muslim menuju Ka’bah. Ternyata pintunya terkunci dan kunci itu dipegang oleh Ustman ibn Talha RA.

Ustman ibn Talha bukan seorang muslim pada waktu itu. Dia mengunci pintu Ka’bah dan bersembunyi. Jadi ketika Rasulullah SAW memasuki Mekkah, mayoritas penduduk Mekkah langsung memeluk Islam seiring beliau memasukinya. Ketika Rasulullah SAW meminta kunci Ka’bah, orang-orang memberitahu bahwa kuncinya dipegang Ustman ibn Talha RA dan ternyata dia bersembunyi di atas atap Ka’bah.

Ali RA berkata padanya “Ya Ustman berikan kami kuncinya, Muhammad SAW yang meminta kuncinya.”

Dia berkata “Ya Muhammad, jika aku percaya bahwa kau memang seorang rasul maka aku akan membuka pintunya dari dulu, sedangkan aku tidak percaya kau seorang rasul, jadi aku tidak akan membukakannya.”

Kemudian Ali RA merebut kuncinya dari Utsman ibn Talha RA dan membuka pintu Ka’bah. Kemudian Rasulullah SAW memasukinya dan mengerjakan shalat 2 raka’at di dalamnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN