Ziarah di Makam KH. Ghufron Achid, Ulama Pejuang dari Pekalongan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Ghufron Achid, Ulama Pejuang dari Pekalongan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Beliau adalah ulama besar dari kota Pekalongan, yang ditokohkan di Pekalongan, peristiwa heroik beliau adalah menjadikan Gedung pemuda nenjadi Masjid Syuhada untuk mengenang perjuangan orang-orang Pekalongan peristiwa kemerdekaan, selain itu beliau pernah menjadi Rois Syuriah PCNU kota Pekalongan, dan Ketua MUI kota Pekalongan. Beliau juga penah bai’at thariqah An Naqsyabandiyah Al Khalidiyah sebagaimana pernah diceritakan oleh sahabat beliau KH. Abdullah Faqih Langitan dalam kesempatan pertemuan di daerah Kudus.

Profil
KH. Ghufron Achid lahir pada hari Kamis Pahing tanggal 15 Syawal 1349 H atau bertepatan pada tanggal 5 Maret 1931 M, di Kauman Pekalongan. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Achid dan Nyai Arifah.


Guru-guru beliau di antaranya:

  1. KH. Ma’shum Ponpes Al Hidayah Lasem selama 6 tahun
  2. KH. Masduki Ponpes Al Ishlah Lasem
  3. KH. Baidlowi Lasem
  4. KH. Maftukhin Lasem
  5. KH. Cholil
  6. KH. Fatkhur Rohman
  7. KH. Manshur Lasem
  8. KH. Muhammadun Tayu
  9. KH. Arwani Kudus
  10. KH. Muhammad Hambali Sumardi
  11. Mbah Ahmad Asy’ari Poncol Salatiga

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Ghufron Achid

Lokasi Makam
Makam beliau tepatnya di komplek pemakaman Sapuro bagian tengah. Bila masuk lewat jalan tengah dari arah selatan maka posisi makam ada di sebelah kiri dan terlihat dari jalan. Bagi yang tahu lokasi kubah makam sayyid Alwi bin Abdulloh Bafaqih maka tidak jauh dari situ, ke utara kira-kira sepuluh meter di sebelah kiri terlihat makam beliau.

Haul
Haul Al Maghfurlah KH. Ghufron Achid diperingati pada 18 Muharram di kediaman Sampangan Gg 7a / no 16

KH Zubair Dahlan yang notabene ayahanda KH Maimoen Zubair digelar rutin setiap pertengahan Ramadan setiap tahunnya. Ayahanda Mbah Maimoen Zubair ini wafat pada 15 Ramadan 1389 H di usia 70 tahun.

Baca artikel detiknews, "Hadiri Haul KH Zubair Dahlan, Ketum PPP: Semoga Kita Bisa Teladani Beliau" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6039250/hadiri-haul-kh-zubair-dahlan-ketum-ppp-semoga-kita-bisa-teladani-beliau.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Ghufron Achid banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Pekalongan saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makam beliau berada di komplek Pemakaman Sapuro, Pekalongan.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam, maka akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang berkah, dimudahkan dalam mencari mata pencaharian sesuai bidangnya, diberi kemudahan mencari derajat. Bagi para santri dan pelajar

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Pekalongan di antaranya:
Capret Pekalongan, Limun Oriental, Kerupuk Gendar, Ogak Jahe, Keripik Tahu, Kopi Tjanting, Kue Glundung, Kue Lumpang, Batik