Ijazah dan Khasiat Dzikir Ya Hayyu Ya Qoyyum

 
Ijazah dan Khasiat Dzikir Ya Hayyu Ya Qoyyum
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dzikir Asmaul Husna memiliki beberapa keutamaan di sisi Allah SWT, di antaranya adalah dapat menenteramkan hati, menambah keimanan, menumbuhkan rasa takut kepada Allah SWT dan menggerakan hati untuk beramal baik.

Al-Hayyu artinya  adalah Yang Maha Hidup, kekal abadi, tidak berawal serta tidak pula berakhir. Demikianlah sifat Allah SWT dan pasti berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya. Dia kekal abadi dan tidak pernah mati.

Sedangkan, Al-Qayyum artinya Maha Berdiri Sendiri. Allah SWT adalah Dzat yang tidak membutuhkan pertolongan siapapun, tapi setiap orang pasti membutuhkan pertolongan Allah SWT.

Kedua nama agung ini merepresentasikan sifat Allah SWT yang mulia. Seorang Muslim, yang mengamalkan dzikir agung ini, tentu akan mendapatkan keutamaan yang besar di sisi-Nya.

Imam Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah Al-Hanbali rahimahullah menyatakan dalam kitabnya, Zadul Ma'ad fi Hadyi Khairil 'Ibad sebagai berikut :

"Sesungguhnya sifat 'Al-Hayyu' (hidup), mencakup semua sifa-sifat kesempurnaan, dan berkonsekuensi kepadanya. Sedangkan, sifat 'Al-Qayyum' mencakup semua sifat-sifat. Oleh karena itu, nama Allah paling agung, yang jika digunakan berdoa, niscaya Allah SWT kabulkan, dan bila digunakan meminta izin, maka Allah SWT akan memberikan, ia adalah nama 'Al-Hayyu Al-Qayyum.”

Barang siapa yang istiqomah membaca Ya Hayyu Ya Qayyum (يَا حَيُّ يَا قَيُّوْم) setiap hari pada saat munculnya matahari sebanyak 40 kali, maka Allah SWT akan memberikan anugerah beberapa hal berikut ini:

1. Menghilangkan kesusahannya
2. Menghilangkan kegelisahannya
3. Menghilangkan kesedihannya.
4. Menghidupkan hatinya
5. Menerangkan pikirannya
6. Memudahkan kesulitnnya
7. Memunculkan hikmah lewat perkataannya
8. Melapangkan dadanya.

Demikianlah penjelasan yang ada di dalam Kitab Al-Jawahir Al-Lu'luiyyah fi Syarhil Arba'in An-Nawawiyyah karya As-Syaikh Muhammad bin Abdullah Al-Jurdani Ad-Dimyathi rahimahullah. 

Sedangkan, Syaikh Nawawi Al-Bantani rahimahullah dalam Kitab Nihayatuz Zain, memberikan tambahan keterangan bahwa apabila shalat sunnah (Qobliyah Subuh) ini selesai dilaksanakan, maka dilanjutkan untuk membaca dzikir khusus, sembari menunggu shalat Subuh.

Adapun bacaan dzikir yang dimaksud tersebut adalah Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha illa Anta sebanyak 40 kali, kemudian dilanjutkan membaca Surat Al-Ikhlas 11 kali, Al-Falaq 1 kali, lalu An-Nas 1 kali, dan ditutup dengan membaca Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil 'adhim, astaghfirullah sebanyak 100 kali.

Mengenai dzikir di atas, Habib Novel bin Muhammad Al-Aydrus, Solo, pernah mengijazahkannya. Dianjurkan untuk dibaca, khususnya setelah shalat sunnah fajar (Qobliyah Subuh) sebelum shalat Subuh, dzikir Ya Hayyu Ya Qoyyum sebanyak 40 kali. Dan setiap orang yang melafadhkan dzikir itu, maka Allah SWT akan menghidupkan hatinya, menghapuskan dukanya dan menghilangkan galaunya. Wallahu A'lam. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 21 Juli 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Ahmad Zaini Alawi (Khodim Jamaah Sarinyala Kabupaten Gresik)

Editor: Hakim