Biografi Mahmud Sabaktakin

 
Biografi Mahmud Sabaktakin
Sumber Gambar: Biografi Mahmud Sabaktakin (foto ist)

Daftar isi Biografi Mahmud Sabaktakin

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Kisah-kisah
2.1  Menaklukkan Wilayah India
2.2  Penghancur Berhala Terbesar di India

3.    Referensi

Nama lengkap beserta gelarnya adalah Sultan Abu al-Qasim Mahmud bin Sabaktakin Yamin ad-Daulah Amin al-Millah Nashir al-Haqq Nizham ad-Din Kahf ad-Daulah Muhaththim ash-Shanam al-Akbar Qahir al-Hind al-Mujahid al-‘Azhim. Mahmud Subukthukin adalah Sultan kerajaan Ghaznawiyah dan termasuk pengikut Syafi’iyyah Abad ke 5 H.

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Mahmud Sabaktakin lahir di kota Ghaznah (saat ini Afganistan) pada bulan Muharam 360 H atau sekitar tahun 971 M. Ayahnya, yaitu Subukthukin adalah pendiri kerajaan Ghaznawiyah sekaligus menjadi raja pertamanya. 

1.2 Wafat

Mahmud Sabaktakin wafat pada tahun 421 hijriyah.

2. Kisah-kisah

2.1 Menaklukkan Wilayah India

Sultan Mahmud Sabaktakin dikenal sebagai orang yang tulus dalam menegakkan agama, banyak memenangkan peperangan melawan kaum kuffar, cerdas dan memiliki kebijakan yang lurus. Banyak peperangan yang diarungi oleh Sultan Mahmud semasa hidupnya. Sehingga daerah kekuasaannya pun meluas. Wilayah india termasuk daerah yang beliau taklukkan. Imam adz-Dzahaby dalam as-Siyar mengalungkan gelar penakluk India kepada Sultan Mahmud atas jasa dan usahanya menaklukkan wilayah tersebu sehingga masuk dalam pangkuan islam. Adz-Dzahaby berkata, “peperangan Sultan Mahmud terkenal lagi banyak. Penaklukan wilayah-wilayah baru yang beliau lakukan sangat mengesankan.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya