Ziarah di Makam Syekh Maulana Dzatul Kahfi, Penyebar Islam Pertama di Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syekh Maulana Dzatul Kahfi, Penyebar Islam Pertama di Cirebon

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Maulana Dzatul Kahfi atau Syekh Nurjati beliau adalah ulama pertama yang menyebarkan Islam di Cirebon. Pada saat berdakwah beliau menggunakan nama Syekh Nurjati, beliau berdakwah di Giri Amparan Jati yang berada di Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Profil
Syekh Nurjati ketika lahir di Malaka sekitar pertengahan Abad 14 dan di kenal dengan nama Syekh Datuk Kahfi, putra dari Syekh Datuk Ahmad, seorang ulama besar. Syekh Datuk Ahmad putra dari Maulana Isa, yang juga seorang tokoh agama yang berpengaruh pada zamannya. Syekh Datuk Ahmad mempunyai adik yang bernama Syekh Datuk Sholeh, ayahanda dari Syekh Siti Jenar (Abdul Jalil). Jadi Syekh Datul Kahfi adalah saudara sepupu dari Syekh Siti Jenar.

Guru-guru beliau di antaranya:
Syekh Datuk Ahmad

Murid-murid Syekh Datuk Kahfi

  1. Ki Danu Sela. 
  2. Ki Samadullah atau Pangeran Walangsungsang.
  3. Nyi Indang Geulis.
  4. Nyi Mas Ratu Rarasantang.(Ibunda Syarif Hidayatullah/ Sunan Gunung Jati). 
  5. Syaikh Siti Jenar.
  6. Sunan Gunung Jati.
  7. Maulana Magribi. 
  8. Pangeran Makdum.
  9. Sunan Kalijaga.
  10. Maulana Syekh Bantah. 
  11. Syekh Majagung.
  12. Mbah Kuwu Cirebon (Pangeran Cakrabuana).

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi  Syekh Maulana Dzatul Kahfi

Lokasi Makam
Syekh Nurjati meninggal dan dimakamkan di Gunung Jati. Sedangkan Syarif Hidayatullah meninggal di Gunung Jati sehingga disebut Sunan Gunung Jati, namun dimakamkan di Gunung Sembung, sebelah barat Gunung Jati. 

Gapura bersayap di pintu makam Syekh Nurjati adalah sebagai penanda masuknya agama  Islam di Cirebon. Model gapura ini merupakan salah satu karya adi luhung orang Cirebon, pada awal abad ke 15-17 Masehi. Karya adi luhung ini merupakan karya dekoratif yang sebenarnya lumrah di pesisir pantai utara Jawa.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Syekh Maulana Dzatul Kahfi banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Cirebon saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa. Makam Syekh Maulana Dzatul Kahfi yang terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Syekh Maulana Dzatul Kahfi , maka segala keinginan pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Syekh Maulana Dzatul Kahfi bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam mencari mata pencaharian. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Mojokerto di antaranya:
Sirup Tjampolay, Terasi Udang Cirebon, Kue Gapit, Jambal Roti, Serabi, Kerupuk Rambak, Keripik, Batik Cirebon