Ziarah di Makam KH. Sonhaji, Mursid Tarekat dari Kebumen

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Sonhaji, Mursid Tarekat dari Kebumen

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Sonhaji beliau adalah ulama besar dari Kebumen yang menjadi wali mursid tarekat Naqsabandiyah Qodiriyah.

KH. Sonhaji termasuk salah satu 5 kiai Khos yang selalu dipatuhi perintahnya oleh Gus Dur dan menjadi guru mursidnya Gus Dur, dan menjadi kebanggaan bagi warga Kebumen umumnya, dan untuk kaum Nahdliyin khususnya.

Profil
KH. Zainal Abidin atau yang biasa akrab dipanggil KH. Sonhaji, Mbah Son atau Mbah Jimbun lahir pada tahun 1916  di Jimbun, Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Chasbulloh dan Nyai Mairah.

Guru-guru beliau di antaranya:
Syekh Mahfudz Al Hasani

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Sonhaji

Lokasi Makam
KH. Sonhaji wafat dalam usia 92 tahun pada hari Senin 17 Maret 2008 M sekitar pukul 17.00 WIB. Kemudian jenazah beliau dimakamkan di Jimbun, Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah.

Haul
Haul KH. Sonhaji diperingati pada bulan Rabiul Awal tiap tahun sekali, adapun acara haul akan diberitahukan oleh pihak keluarga atau ahli waris.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Sonhaji banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Kebumen saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di di Jimbun, Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam KH. Sonhaji, maka segala hajat pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari KH. Sonhaji bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam mencari mata pencaharian. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Kebumen di antaranya:
Lanting, Yutuk, Kue satru, Jipang kacang, Emping mendem, Sale pisang,