Shalat

 

Tata Cara Melaksanakan Shalat Lidaf’il Bala’ Rabu Wekasan

Shalat sunnah lidaf’il bala’ (tolak bala’) merupakan shalat sunnah hajat yang dikerjakan pada malam atau hari rabu akhir bulan Safar, tepatnya pada hari rabu pada pekan keempat.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Safar

Shalat ini sangat dianjurkan sekali karena Nabi Saw selalu mengerjakannya saat beliau hendak bepergian.

Tuntunan Ketika Lupa atau Ragu Terhadap Bacaan Al-Fatihah dalam Shalat

Dalam Mazhab Syafi'i, membaca Surat Al-Fatihah dalam setiap rakaat shalat adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi, baik oleh imam, makmum atau yang shalat sendirian. Landasannya adalah hadis Nabi yang artinya, “Tidak sah shalat orang yang tidak membaca alfatihah.”

Rukun Khutbah Jum’at

Khutbah Jumat memiliki lima rukun yang harus dipenuhi. Kelima rukun tersebut disyaratkan menggunakan bahasa Arab dan harus dilakukan dengan tertib (berurutan) serta berkesinambungan (muwâlah).

Definisi, Rukun, dan Syarat Khutbah Jumat

Salah satu syarat sah pelaksanaan shalat Jumat adalah didahului dua khutbah. Ritual khutbah dilakukan sebelum shalat Jumat dikerjakan. Khutbah Jumat dilakukan dua kali, di antara khutbah pertama dan kedua dipisah dengan duduk.

Wirid dan Shalat Sunat 1 Muharram

Wirid dan Shalat Sunat 1 Muahrram

Pedoman Shalat bagi Tenaga Medis yang Menggunakan APD

Laduni.ID, Jakarta Tetap diwajibkan melaksanakan shalat dan diperbolehkan untuk menjamak taqdim atau jamak takhir.

Pilihan Cara Shalat Tenaga Medis Corona

Laduni.ID, Jakarta Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU mengeluarkan jawaban atas masalah shalatnya tenaga medis yang dalam kondisi sibuk mengurus pasien Covid-19.

Beda Niat Menjadi Imam dan Makmum Shalat

Laduni.ID, Jakarta Fenomena yang sering menimbulkan pertanyaan di kalangan kaum muslimin Indonesia adalah manakala seorang sholat sunnah sendiri.

Tata Cara Shalat Sambil Duduk

Laduni.ID, Jakarta kadang kita menemukan seseorang yang melakasanakan shalat dalam keadaan duduk, namun dia bukan duduk bersila atau duduk iftirasy tetapi duduk dengan kaki berselonjor.