Shalat

 

Petunjuk Lengkap Qadla Shalat Subuh

Shalat Subuh adalah satu dari sekian banyak shalat fardhu, yang waktu untuk mendirikannya adalah sebelum terbitnya matahari dari ufuk timur dan berakhir dengan ufuk timur sudah semakin terang.

Petunjuk Lengkap Qadla Shalat Isya

Sebagai sebuah hal yang menjadi kewajiban, saat lupa mengerjakan shalat, kita diwajibkan untuk menqadha’ shalat.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Safar

Shalat ini sangat dianjurkan sekali karena Nabi Saw selalu mengerjakannya saat beliau hendak bepergian.

Petunjuk Lengkap Qadla Shalat Ashar

Diwajibkan mengqadha shalat karena tertidur maupun karena sengaja. Adapun terkait dosa, bagi orang yang meninggalkan shalat karena lupa atau tertidur maka ia tidak dikenai hukuman atau dosa.

Petunjuk Lengkap Qadla Shalat Dzuhur

bagi orang yang meninggalkan shalat karena sengaja, maka ia diwajibkan untuk mengqadhanya secara langsung dan seketika setelah ia teringat. Selain itu, ia juga berdosa.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Mutlak

Salat sunah mutlak adalah salat sunah yang dilakukan tanpa terikat waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Ini adalah salat yang bisa dikerjakan sebanyak apapun oleh umat muslim.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Ba’diyah Maghrib

Dalam kitab NIhayatuz Zain dijelaskan secara mendetail bacaan yang disunnahkan untuk ba’diyah Maghrib.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Ba’diyah Wudlu

Shalat wudhu merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.  Shalat ini dilaksanakan sesaat setelah kita melakukan wudhu dan sebelum air wudhu mengering dari anggota wudhu.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Ba’diyah Dzuhur

Termasuk di dalamnya shalat sunnah qabliyah dan ba’diyah. Dinamakan qabliyah karena shalat sunnah ini dilakukan sebelum shalat fardhu.

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Ba’diyah Isya

Bahwasannya Rasulullah saw shalat dua rakaat sebelum dan sesudah Dhuhur,dua rakaat sesudah Magrib dan dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat setelah shalat Jumat.