Sosial Budaya

 

Tantangan Peneliti di Tengah Konservatisme Agama

Di tengah konservatisme agama, menjadi peneliti mengalami tantangannya tersendiri. Kenapa demikian?

Unik-Unik, Beginilah Aneka Perayaan Maulid Nabi Muhammad Beberapa Negara di Dunia

Terdapat berbagai bentuk perayaan Maulid Nabi di beberapa Negara di seluruh dunia. Bagaimana keunikannya?

Hindari Patah Hati dengan Melakukan Lima Hal Ini

Agar tidak mudah patah hati, Anda bisa menerapkan berbagai cara ini. Apa saja itu?

Keberadaan Islam Moderat Turut Jaga Kerukunan Umat Beragama di Bali

Model dakwah para wali itu tetap dijaga dan terawat hingga kini melalui pelestarian budaya baik dalam hal kesenian, ukhuwah, begitu pula sikap saling menghormati ritual keagamaan masing-masing dengan cara selalu bergotong royong dalam setiap kegiatannya.

Sepucuk Doa Milad untuk Pangeran Kecil

Meraih keridhaan-Nya Mursyid umat Menggapai sa'dah daraini….  Amin

Nahdlatul Ulama, Antara Kompleksitas dan Kesederhanaan

Sedikit yang terlupakan oleh para politisi ini bahwa, pola pikir masyarakat NU itu tidaklah sesederhana lipatan sarung dan peci miring mereka. Sejak dari pesantren para santri NU sudah terlatih untuk berpikir ‘out of the box’, terbiasa dengan kalimat-kalimat ‘mantiq’ yang butuh kreatifitas berpikir tinggi untuk dapat memahaminya

The Power of Vibrasi, Ubah Cara Berdo’a Anda dengan Konsep Fisika Ini

Guru sains menjelaskan bahwa garputala A dan B itu bisa saling menggetarkan, karena keduanya mengalami resonansi (energi yang saling mengikat), hingga memiliki frekuensi yang sama.

Tokoh Wayang Millenial: Puntadewa

Puntadewa adalah ksatria yang memiliki kesantunan, keimanan, dan ketawakalan yang tinggi hingga memiliki konsistensi langkah yang terencana. Puntadewa adalah salah satu tokoh wayang yang memiliki kesesuaian dengan profil pribadi kita. Segera temukan, apakah diri kita memiliki profil yang mirip dengan Puntadewa?

5 Etika Bermedia Sosial Menurut Al-Qur’an

LADUNI.ID, Jakarta - Berikut lima tips agar kamu dapat bermedia sosial (Sosmed) secara cerdas dan sesuai dengan ajaran Islam.

Gagal Faham Soal Cadar

Islam harus difahami sebagai satu hal dan budaya arab sebagai satu hal yang lain. Islam kita tempatkan sebagai salah satu agama orang yang tinggal di Arab, dan Budaya Arab kita tempatkan secara antropologis, sebagai salah satu bagian dari kehidupan masyarakat yang memang sudah ada sebelum Islam datang.