Tuntunan Ibadah

 

Bacaan dan Gerakan Wudhu yang Harus Muslim Ketahui

Jika kita perhatikan, sebenarnya gerakan wudhu tidaklah jauh berbeda dengan tindakan mencuci muka dan lainnya yang bukan ibadah. Bedanya adalah wudhu merupakan bentuk ketaatan kita terhadap perintah Allah.

Macam-macam Najis dan Cara Menyucikannya

LADUNI.ID, Najis secara bahasa berarti segala sesuatu yang dianggap kotor meskipun suci. Bila berdasarkan arti harfiah ini maka apa pun yang dianggap kotor masuk dalam kategori barang najis, seperti ingus, air ludah, air sperma dan lain sebagainya

Menurut Para Ulama Beginilah Hukum Bersuci Menggunakan Tisu

Telinga kita begitu akrab dengan an-nadhafatu minal iman, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Atau at-thuhuru syartul iman, kesucian merupakan separoh dari keimanan.

Batasan Umur Anak, Membatalkan Wudhu ketika Disentuh

Dalam mazhab Syafi’i merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan wudhu.

Lima Hal yang Membatalkan Wudhu

Adapun hadats itu ada dua macam, hadats kecil yang mampu dihilangkan dengan wudhu, dan hadats besar yang dihilangkan dengan mandi wajib. Secara otomatis hadats kecil merupakan hal-hal yang membatalkan wudhu.

Cara Menyucikan Pakaian Najis Menggunakan Mesin Cuci

Ketentuan yang masyhur dalam mazhab Syafi’i tentang air yang terkena najis adalah: jika volume air sudah sampai dua qullah (216 liter atau kubus dengan panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 60 cm) .

Hukum Makan Setelah Wudhu, Apakah Batal Wudhunya?

Wudhu atau bersuci merupakan salah satu sahnya sholat baik itu sholat sunnah maupun sholat wajib.Wudhu hanya dapat menghilangkan hadas kecil sedangkan untuk hadas besar harus dengan mandi wajib.

Hukum Berwudhu Ketika akan Mandi besar Menurut Para Ulama

Imam Al Ghazali menyebutkan bahwa berwudhu’ sebelum mandi wajib adalah sunnah. Wudhu’ dengan sempurna atau mengakhirkan pemasuhan kaki didalam wudhu’.

Macam-macam Air untuk Bersuci

Di dalam madzhab Imam Syafi’i para ulama membagi air menjadi 4 (empat) kategori masing-masing beserta hukum penggunaannya dalam bersuci. Keempat kategori itu adalah air suci dan menyucikan, air musyammas, air suci namun tidak menyucikan, dan air mutanajis.

Inilah Alasan Kenapa Seseorang Wajib Mandi Ketika Mengeluarkan Air Mani

Bagaimana bisa mengeluarkan seseuatu yang suci malah diwajibkan mandi, sedangkan mengeluarkan yang najis cukup dengan bersuci (istinja’/cebok) saja, dan cukup berwudhu jika ingin menjadi suci?