Tuntunan Ibadah

 

Tingkatan Kasyaf akan Tercapai Bila Hati Sudah Begini

Suatu hari keika KH Buya Syakur Yasin mengahadiri sebuah acara seremonial keagamaan, kalau tidak salah acara marhabanan. Buya Syakur membawa temannya yang spiritualismenya sudah cukup tinggi.

Penjelasan Thariqah Menurut Habib Luthfi Bin Yahya

Ma’rifat adalah “mengerti dan mengenal”. Mengerti belum tentu mengenal, tapi kalau mengenal sudah pasti mengerti. Jadi ma’rifat di sini adalah mengenal Allah Swt., seperti halnya kita mengetahui sifat-sifatNya, baik yang wajib, mustahil dan jaiz.

Zuhud Itu Adanya di Hati

Salah satu kajian dan praktik dalam tasawuf adalah bersikap zuhud. Jika disebut kata zuhud, maka biasanya stereotip yang sering muncul adalah dikaitkan dengan hidup menyepi, menjauhi masyarakat, berpakaian lusuh, tidak memiliki harta dan hal-hal lain yang bersifat menjauhi keduniawian.

Al-Sari, Kiai Basyir, dan Tirakat Mendisiplinkan Jiwa

Ada satu penggalan kisah yang menarik tentang al-Sari al-Saqathi (w. 867), sufi besar dari Baghdad, yang dikisahkan dalam kitab-kitab tasawuf klasik seperti Ihya’ Ulumiddin atau Risalah Qusyayriyyah.

Kitab Al-Hikam dan Kewalian Kiai Abdussalam Kajen Pati

Al-Hikam, kitab karangan seorang sufi besar Syeikh Ibnu ‘Athoillah ini sangatlah terkenal bagi umat Islam. Kitab ini membahas tasawwuf atau kerohanian dalam beragama, guna menjalankan hati dalam penghambaan.

Prediksi Imam Ghazali Mengenai Malam Lailatul Qadar

Memprediksi malam lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir di bulan yang pada sepuluh pertamanya adalah rahmat, sepuluh tengahnya adalah ampunan dan sepuluh akhirnya adalah bebas dari neraka. Walau pun hakikatnya tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan terjadinya Lailatul Qadar, kecuali Allah SWT.

Melesatkan Ruhani di Tengah Pandemi

Kesempitan dan kefakiran akibat pandemi COVID-19 bisa menjadi jalan untuk melesatkan ruhani kita kepada Allah swt, yang tidak didapatkan kala lain dalam kehidupan kita. Insya Allah, asal ma’rifat, segala sesuatu akan membawa manfaat.

Kisah Imam Abu Qasim dan Ayat-Ayat tentang Obat

Di dalam sebuah kisah, Imam Abu Qasim Qushairi RA. berkata: “seorang di antara anakku jatuh sakit sehingga dia hampir meninggal.

"Futuh", Kisah Perjalanan Keilmuan Syaikh al-Rais Ibnu Sina

Syaikh al-Rais Ibnu Sina pernah bercerita tentang perjalanan keilmuannya. Ini ceritanya.

Tasawuf Adalah Senjata Pamungkas Melawan Paham Salafi dan Wahabi

Bagi ahlussunnah wal jama'ah, tasawuf menjadi salah satu kajian keagamaan yang vital. Karena ajarannya yang mengandung makna cinta kasih kepada Allah dan kepada sesama ciptaan-Nya.