Pengertian Tasawuf Akhlaki

 
Pengertian Tasawuf Akhlaki
Sumber Gambar: Penari Sufi

LADUNI.ID, Jakarta - Ajaran Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme dalam islam hingga saat ini masih menuai pro dan kontra. Sebagian ulama menganggap bahwa tasawuf merupakan ajaran sesat yang bersumber dari kaum Nasrani, Hindu, Buddha, dan Yahudi Mereka beragumen, bahwa tasawuf/sufisme hanyalah topeng agar seseorang terlihat ta’at kepada Tuhannya. Sedangkan yang lain, berpendapat bahwa tasawuf adalah perwujudan hamba untuk mensucikan hati agar terhubung secara langsung kepada Tuhan.

Meskipun keberadaan ilmu tasawuf menjadi gonjang-ganjing di kalangan ulama, bahkan tidak diakui sebagai bagian dari islam, tapi tidak ada salahnya kita mempelajari sedikit perihal imu tasawuf, khususnya tasawuf akhali.  Agar nantinya kita bisa lebih mengetahui tentang sejarah peradaban islam.

Pengertian Tasawuf

Menurut para ahli sejarah, Tasawuf dalam islam lahir sekitar abad ke-2 atau di awal abad ke-3 Hijriyah. Tasawuf dapat diistilakan sebagai ajaran mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan usaha mensucikan hati untuk memperoleh kebahagian abadi. Sedangkan orang-orang yang mendalami ilmu tasawuf dikenal dengan istilah sufi.

Namun hingga detik ini, para ulama masih berselisih paham terkait definisi kata tasawuf secara bahasa (etimologi). Ada yang menyebutnya sebagai shuffah (serambi tempat duduk), shafa’ (suci bersih), shuf (pakaian dari bulu domba), shaf (barisan), dan shufanah (kayu yang tumbuh di padang pasir). Sedangkan menurut imam Junaidi Al Bhagdad, Tasawuf diartikan sebagai upaya untuk mengenal Allah SWT (merasa tidak memiliki apapun dan tidak dimiliki siapapun kecuali Allah SWT) dengan melakukan akhlak yang baik menurut Sunnah Rasul, meninggalkan Akhlak buruk, dan melepaskan hawa nafsu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN