Pesantren Hidayatul Mubtadiien Tulungagung

Pesantren Hidayatul Mubtadiien Tulungagung

Profil
Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin atau yang akrab di sebut PPHM merupakan salah satu sumbangsih dan wadah bagi pendidikan Islam di Indonesia yang mempelajari khasanah ilmu-ilmu agama yang bernuansa salafi (kuno), wadah ini juga sebagai sarana untuk mendewasakan kemandirin bangsa dalam ilmu agama, sosial, sejarah dll serta nantinya dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat pada umum, itulah tujuan dari PPHM NGUNUT.
Pesantren yang berlokasi di Jl. Raya 1 No. 34 Ngunut kabupaten Tulungagung ini awalnya adalah sebuah musholla kecil yang didirikan sekitan tahun 1953 oleh mbah Surip, yang tak lain atas permintaan dari anak angkatnya sendiri (KH. Ali Shodiq Umman) yang ketika itu masih menyelesaikan study pondok pesantrennya di Jampes Kediri. Di Musholla ini pada tahun 1966 awal mula beliau mengawali pengajian kitab di bulan Ramadhan atau yang biasa di sebut ngaji pasan yang diikuti oleh 50 santri Lirboyo, dan setelah itu tahun 1967 yang bertepatan pada 21 Rajab 1368 H, KH. Ali Shodiq Umman resmi memutuskan untuk mendirikan suatu pondok pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Nama Hidayatul Mubtadiin sendiri merupakan nama yang diambil dari pondok Pesantren Lirboyo tempat KH. Ali Shodiq Umman belajar semasa di pesantren, dengan maksud supaya tafa’ulan atau supaya nantinya pondok pesantren yang baru dibangun di Ngunut ini dapat besar dalam segala hal seperti pondok pesantren Lirboyo.

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. TK PLUS dan SDI PLUS Sunan Giri (Terakreditasi A)
2. SD Islam Sunan Giri (Tahfidh)
3. SMP Islam Sunan Gunung Jati (Terakreditasi A)
4. SMP Islam Sunan Gunung Jati (Tahfidh)
5. SMA Islam Sunan Gunung Jati (Terakreditasi A)
6. SMA Islam Sunan Gunung Jati (Tahfidh)
7. SMK Islam Sunan Kalijaga
Pendidikan Informal
1. Madin
2. Tahfidz Qur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pengajian Kitab Kuning, Sorogan Al-Quran, Tahaffudz Al-Quran, Jamiyatul Quro', Bahtsul Masail, Jam'iyah Diniyah, Seni Sholawat Al-Banjari, Diklat Ubudiyah, Kaligrafi, Bina Karya, Paket B, Paket C, Pengajian Rutin Malam Ahad (Masyarakat Umum), Kuliah Subuh Ahad Legi (Alumni dan Masyarakat Umum), dll.

Alamat
Jl. Raya I No.34, Ngunut, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, 66292, Jawa Timur
Telepon:  +62 355 3095159

 
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Alumni Pesantren Hidayatul Mubtadiien Tulungagung