IAI Al-Aziziyah Samalanga #5: Joko Widodo, Presiden Pertama Indonesia Menginjak Kaki di Kota Santri

IAI Al-Aziziyah Samalanga #5: Joko Widodo, Presiden Pertama Indonesia Menginjak Kaki di Kota Santri

LADUNI. ID I PENDIDIKAN- Bukan hanya itu Institut Agama Islam  (IAI) Al- Aziziyah Samalanga berusaha menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan Sarjana Agama yang memiliki pengetahuan dan kepekaan dalam memahami realitas keagamaan dan mampu  dalam masyarakat.

Menyeleggarakan  kegiatan  akademik dalam rangka mendalami dan mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori hukum Islam serta menyampaikannya (dakwah) kepada ummat. serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama Islam dan teknologi yang bernafaskan Islam.

Perjalanan IAI Al-Azizyah Samalanga sebagai gerbong  dan simbol perubahan dan reformasi pendidikan di Aceh terus berbenah diri, namun akhir tahun 2016, musibah menimpa dengan runtuhnya gedung berlantai empat yang terletak didepan dayah MUDI Samalanga walaupun tanpa korban namun telah menyebabkan perkuliahan menjadi terganggu tanpa adanya lagi tempat belajar yang  nyaman dan  layak. 

Meskipun demikian pihak Yayasan tetap melakukan berbagai terobosan dengan membangun ruang darurat  dan menjadi kan Balee menjadi ruang belajar demi tetap terus berlangsung rotasi pe ndidikan di lingkungan  IAI A l-Aziziyah Samalanga.

Tidak semua musibah itu dilihat negatifnya namun tersimpan sebuah hikmah dan rahmat dan Badai pasti berlalu. Mungkin itu ucapan yang layak menggambarkan pasca gempa meruntuhkan gedung berlantai empat.

Tidak lama setelah itu pertama kali dalam sejarah Samalanga khususnya Dayah MUDI dan IAI Al-Aziziyah Samalanga dikunjungi sosok presiden Indonesia  bapak Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi dan memerintahkan untuk membangun kembali gedung baru IAIA Samalanga. Tentu saja ini sebuah catatan sejarah yang tidak dipungkiri dan merupakan sebuah rahmat dibalik musibah

*Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat literasi Asal Aceh