STAI Al-Qodiri Jember

STAI Al-Qodiri Jember

PROFIL
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri Jember merupakan lembaga pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al-QOdiri 1 Jember yang terletak di Jl. Manggar 139 A kelurahan gebang kecamatan Patrang kabupaten Jember.tepatnya kurang lebih 2 km sebelah utara alun-alun kota Jember.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri berdiri pada tahun 2001,didirikan langsung oleh KH.Achmad Muzakki Syah.Lembaga ini didirikan untuk menampung siswa dan siswi Madrasah Al-Qodiri dan masyarakat disekitar Pondok Pesantren.
Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri adalah atas usulan dari Drs.Kamil,M.S.I kepada Kyai. H. Achmad Muzakki Syah,kalau bisa di pondok pesantren Al-Qodiri ada sebuah perguran tinggi dan bergabung dengan UIJ. Tetapi karena persyaratan-persyaratan yang diajukan terlalu berat,akhirnya Kyai ingin mendirikan sendiri sebuah Sekolah Tinggi berdasarkan YASPENDASRI (Yayasan pendidikan dakwah dan social Al-Qodiri) tahun 1988. Kemudian tahun 2002 YASPENDASRI diganti menjadi Yayasan Al-Qodiri Jember. tokoh yang dilibatkan pada waktu itu adalah Drs.Ach.Rifa’I Ikhsan ,Drs.Samsul Hadi ,Tomi Hartono dan lain-lain.

Pada awal tahun berdirinya STAI Al-Qodiri mempunyai 2 Jurusan baru yaitu JurusanTarbiyah dan Jurusan Syari’ah. Selama 13 tahun STAI Al-Qodiri lebih banyak berusaha mempertahankan keberadaannya. Walaupun hanya 1 Jurusan Tarbiyah yang mampu bertahan. baru tahun 2012, Yayasan Al-Qodiri beserta STAI Al-Qodiri Jember sepakat untuk menghidupkan kembali Jurusan Syari’ah dan menambah beberapa Jurusan untuk mempertahankan status Sekolah Tinggi dan menampung aspirasi masyarakat dan siswa MA Al-Qodiri dan SMK Al-Qodiri untuk menambah Jurusan yang dibutukan.

PROGRAM STUDI


ALAMAT
Jl. Manggar 139 A Gebang Poreng Patrang Jember, 68117
 

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi ( 0331) 412034 dan www.staiqod.ac.id




Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni STAI Al-Qodiri Jember