Mahasiwa Unisma Terpilih Menerima Djarum Beasiswa Plus

 
Mahasiwa Unisma Terpilih Menerima Djarum Beasiswa Plus

LADUNI.ID, Surabaya - Dua mahasiswa Unisma Malang terpilih sebagai penerima Djarum Beasiswa Plus mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan softskills ke-2 yaitu Leadership Development yang diadakan di Hotel Santika, Gubeng, Surabaya selama empat hari.

Adapun dua mahasiswa tersebut adalah Putri Saniatul Iklima, mahasiswi pendidikan bahasa inggris dan Lutfiyah Nurul Wakhidah, Mahasiswi pendidikan matematika.

Leadership Development merupakan lanjutan dari kegiatan Character Building, dimana setelah para Beswan Djarum  ditempa mengenai pembentukan karakter. Para Beswan Djarum diberi bekal untuk menjadi leader di masa yang akan datang khususnya pada Indonesia di era industri 4.0.

Dalam kegiatan yang diikuti kurang lebih 500 penerima Beasiswa Djarum ini dibagi kedalam tujuh kelompok atau Batch. Lutfi dan Putri sendiri masuk kedalam batch 6 bersama 62 beswan djarum lainnya yang berasal dari Universitas Syah Kuala-Aceh hingga Universitas Musamus-Merauke.

Peserta tersebut memperoleh pelatihan seputar Vision, Public Speaking, Critical Writing dan motivasi mengenai leadership yang diisi langsung oleh James Gwee seorang motivator internasional.

Sementara itu, pengisi materi lainnya tidak kalah luar biasa, seperti Felicia Hanitio yang aktif dalam Djarum Foundation, Bayu Sutiono seorang news ancor nasional yang masih aktif di salah satu televisi swasta Indonesia, dan Roro Ajeng Taufik, alumni beswan djarum yang sama-sama aktif di salah satu TV swasta Indonesia.

Dalam kegiatan ini juga tidak sekedar teori semata, beswan djarum diharuskan untuk mempraktekkan ilmu yang sudah didapat dengan melakukan simulasi rapat kabinet kerja. Dari simulasi ini pula, akan diambil The Best performance, The best writer,dan The best speaker.

Hebatnya, The best speaker diraih oleh Lutfi Beswan Djarum asal Malang yang menurut dewan juri (Bayu Sutiyono) telah memenuhi kriteria Public Speaker yang benar.

“Seorang leader harus mampu mengartikulasikan serta mengkomunikasikan visinya. Karena yang akan dipimpin bukan hanya satu atau dua orang, tetapi lebih dari itu. Sehingga kemampuan public speaking sangat diperlukan. Saya bangga karena pengalaman di Leadership Development ini membantu saya untuk lebih profesional,” ujar Lutfi.

Kegiatan yang diikuti Lutfi dan Putri tidak berhenti disini, puncak kegiatan akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 yaitu pada kegiatan Nation Building dimana seluruh beswan djarum se-Indonesia akan berkumpul dalam di Kota Semarang dan sekitarnya.

Selain itu, sebagai lahan aplikasi kegiatan Leadership Development mereka juga akan mengikuti kompetisi antar beswan djarum se-Indonesia seperti Writing Competition, Community Empowerment, Vlog Competition dan diharapkan bisa berkontribusi untuk menjadi Delegasi Indonesia dalam International Exposure.

Unisma Malang bangga dengan terpilihnya dua mahasiswanya sebagai penerima Djarum Beasiswa Plus. Tentunya hal ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa lainnya untuk berkompetisi mendapatkan beasiswa bergengsi ini.

(Sumber: Times Indonesia)