Hingga Juli Mendatang, Jupiter Diprediksi Masih Terlihat

Hingga Juli Mendatang, Jupiter Diprediksi Masih Terlihat

LADUNI.ID, Jakarta - Terdapat perbedaan prediksi antara NASA dengan Peneliti Planetarium Jakarta, Widya Sawitar. Pihak NASA mengatakan bahwa puncak penampakan Jupiter terjadi senin (10/6). Sementara Peneliti Planetarium Jakarta,  memprediksi Jupiter masih akan terlihat hingga Juli mendatang. 

Widya mengungkapkan kepada para awak media di Planetarium Jakarta, Senin (10/6) malam. "Kita nanti akan hitung lagi. Namun, Jupiter kemungkinan terlihat jelas bulan Juli, karena jika sekarang posisi Jupiter masih rendah mungkin bulan Juli mendatanga akan lebih tinggi." 

Kemudian ia juga menambahkan bahwa posisi Jupiter yang paling ideal agar dapat terlihat jelas setelah pukul 20.00 WIB. Namun begitu, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh waktu dalam satuan bulan.

"Mungkin kalau lewat jam 8 malam itu sudah bisa kelihatan ya, kadang-kadang jam 8 malam sudah tinggi di atas tergantung bulannya kapan," ungkap Widya.

orang-orang akan melihat Jupiter dengan karakter yang unik, yaitu ukurannya yang besar serta pola planet seperti badai. Kemudian mereka juga bisa menyaksikan setidaknya 79 satelit yang tengah mengorbit di Jupiter apabila langit cerah. Demikian penjelasan dari Pembina Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

Masyarakat biasa juga dapat menyaksikan fenomena ini melalui teleskop khusus yakni reflektor yang disediakan oleh Planetarium Jakarta dan juga diperuntukkan untuk digunakan oleh masyarakat umum.