Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Memberikan Ketentraman Hati

 
Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Memberikan Ketentraman Hati
Sumber Gambar: Laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Dzikir dalam Islam sangat beragam jenisnya. Salah satu Dzikir yang terkenal dan banyak dilafalkan oleh masyarakat Muslim adalah Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan salah satu kalimat dzikir yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Meskipun pendek, kalimat tersebut memiliki makna yang dalam.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya: “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.”

Dzikir hasbunallah wanikmal wakil dapat lebih panjang sebagai berikut.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: “Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

Dzikir hasbunallah wanikmal wakil diucapkan ketika umat Islam mengalami kesulitan saat perang. Dzikir tersebut juga sering kali dilafalkan oleh para nabi dan ulama dalam keadaan lapang ataupun ketika menghadapi cobaan berat bahkan fitnah kejam sekalipun.

Dzikir ini sendiri terdapat dalam Al-Qur’an Surah Ali-‘Imran ayat 173. Berikut bunyi ayat tersebut.

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ (١٧٣)

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” (QS. Ali-‘Imran 3:173)

Dzikir hasbunallah wanikmal wakil juga terdapat dalam hadis, Sahabat Abdullah bin ‘Abbas pernah berkata, bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakil” adalah do’a yang dipanjatkan oleh Nabi ‘Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau akan dilempar dalam api yang membara.

Sementara itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam juga mengatakan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari mengenai hasbunallah wanikmal wakil sebagai berikut.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ أُرَاهُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ عَنْ أَبِي حَصِينٍ عَنْ أَبِي الضُّحَى عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ {حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ } قَالَهَا إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلَام حِينَ أُلْقِيَ فِي النَّارِ وَقَالَهَا مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ قَالُوا {إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ}

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus aku melihatnya berkata; Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr dari Abu Hashin dari Abu Adl Dluha dari Ibnu 'Abbas Hasbunallah wa ni'mal wakil adalah ucapan Ibrahim Alaihis Salam ketika di lemparkan ke api. Juga diucapkan oleh Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam ketika orang-orang kafir berkata; "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung." (HR. Imam Bukhari No. 4197).

Tidak hanya itu, bacaan menentramkan hati juga dapat melalui nikmal maula wa nikma nashir yang ada pada Surah Al-Anfal ayat 40 sebagai berikut.

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: “Dan jika mereka berpaling, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.” (QS. Al-Anfal 8:40)

Ada beberapa khasiat yang dirasakan jika melafalkan Dzikir Hasbunallah Wani'mal Wakil.
Berikut selengkapnya.

1. Menghilangkan ketakutan

Pada saat terjadi perang Uhud, tentara kaum muslimin banyak yang gugur. Saat merasa lelah dan dalam keadaan berduka, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam memerintahkan mereka untuk bersiap kembali menghadapi kafir Qurais. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam mengajarkan kepada mereka untuk membaca hasbunallah wani’mal wakil. Maka tidak ada rasa takut sedikitpun yang menyertai mereka. Bahkan pasukan muslim yang beriman tersebut semakin bertambah teguh imannya sehingga membuat gentar kafir Quraisy.

2. Hati terasa tenang

Zikir bisa menjadi obat penenang bagi setiap umat muslim. Melafalkan zikir berulang-ulang memberikan ketentraman apalagi jika sedang merasa sedih dan gelisah.

3. Mendapat perlindungan Allah SWT

Ketika Nabi Ibrahim a.s akan dilempar ke dalam kobaran api, beliau membaca zikir ini dan menyerahkan hidup matinya sepenuhnya kepada Allah SWT. Bukti nyata perlindungan Allah SWT yaitu Nabi Ibrahim tidak terbakar justri api tersebut menjadi dingin saat menyentuh kulit Nabi Ibrahim.

4. Mencukupkan nikmat umat-Nya

Manfaat yang keempat dari zikir hasbunallah wani'mal wakil yaitu Allah SWT akan mencukupkan nikmat umatnya dan tidak merasa terus kekurangan. Karena Allah SWT maha pemberi segalanya yang akan memberikan apapun bagi umatnya yang bertaqwa. Peran manusia disini hanya diperintahkan untuk bersyukur dan tidak mengeluh.

5. Menjadi penolong

Manusia pasti akan selalu diuji dan diuji. Dalam dzikir Hasbunallah sendiri telah ditegaskan bahwa Allah akan menjadi penolong utama. Oleh karena itu, ketika memiliki masalah, kita dianjurkan membaca zikir ini agar senantiasa ditolong oleh Allah SWT.

Keutamaan Membaca Hasbunallah

Imam Abu Dawud dalam kitabnya Syarh Sunan Ibnu Dawud menjelaskan tentang keutamaan membaca dzikir hasbunallah disaat kesulitan yang sulit dipatahkan.
Hadis tersebut berbunyi:

قال أبو داود رحمه الله تعالى: حَدَّثَنَا عَبدُ الوَهَّابِ بنُ نَجدَةٍ، وموسى بن مروانَ الرَقِي قَالَا َثنَا بَقِيَّة بن الوَلِيدِ عن بَحِير بن سعدٍ عن خالدٍ بن مَعدانَ عن سيفٍ عن عوفٍ بن مالكٍ أنه حَدَثَهُم أَنّ النبي صلى الله عليه وسلم قَضَى بَينَ رَجُلَينِ فَقَالَ المقضي عليه لمِا أَدبَرَ: حَسبِيَ الله ونِعمَ الوَكِيلُ، فَقَالَ النبي صلى الله عليه وسلم: إنَّ الله يَلُومُ عَلى العَجْزِ، ولَكِن عَليكَ بِالكَيْسِ، فَإذا غَلَبَكَ أَمرٌ فَقُل: حَسبِيَ الله ونِعمَ الوَكِيلُ

“Diriwayatkan dari ‘Auf Bin Malik bahwa Nabi Muhammad SAW telah menghakimi dua orang pihak, dan orang terdakwa pun mundur lalu mengucapkan Hasbiyallah Wa Ni’ma al-Wakil. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Sesungguhnya Allah mengecam seseorang yang lemah atau enggan dalam membela diri. Pandailah saat menghadapi situasi. Namun, jika engkau sudah tidak mampu, maka ucapkanlah hasbiyallah wa ni’mal wakil” (HR. Imam Abu Dawud)

Imam Abu Dawud melanjutkan:

أَمَّا أَن يَقُولَ: حَسبِيَ الله ونِعمَ الوَكِيل مَعَ العَجزِ ومَعَ عَدَمِ الأَخذِ بِالأَسبَابِ، فَإنَّ الكَيسَ هُوَ خِلَافُ ذَلِكَ، وَالكَيسُ هُوَ أَنَّ الإنسَانَ يَأخُذُ بِالأَسبَابِ، وَإذَا فَاتَهُ الشَّيءُ الذِي أَرَادَهُ، فَإِنَّهُ يَقُولُ: حَسبِيَ الله ونِعمَ الوَكِيل، وهَذا مِثلُ مَا جَاءَ فِي الحَدِيثِ الذِي رواه مُسلِمٌ فِي صَحيحِهِ عَن أَبِي هُرَيرَةَ أَنَّ النَّبِّي صلى الله عليه وسلم قال: (المُؤمِنُ القَوِيُّ خَيرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللِه مِنَ المُؤمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلِّ خَيرٍ، احرِصْ عَلى مَا يَنفَعُكَ، واستَعِنْ بِالله ولا َتَعجَزْ) يعني: استَعِنْ بِالله عز وجل مَعَ أَخذِكَ بِالأَسبَابِ، وَلَا تَقْصِرْ

“Kalimat hasbiyallah wa ni’mal wakil lebih baik dilantunkan saat kondisi sulit dan tidak ada upaya untuk mewujudkan yang ia inginkan. Sesungguhnya orang yang pandai itu sebaliknya, ia mampu mewujudkan apa yang ia inginkan. Maka, ketika ia kehilangan sesuatu yang diinginkannya ia berkata” hasbiyallah wa ni’mal wakil”. Hadis ini sama dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya yang mengutip dari Sahabat Abu Hurairah: ”Mukmin yang kuat itu lebih baik dan dicintai oleh Allah daripada orang yang lemah. Lakukanlah apa yang bermanfaat bagimu. Memohonlah kepada Allah dan jangan lemah! Mintalah pertolongannya untuk mewujudkan apa yang kau inginkan. Jangan kau remehkan!.”

Dari dua hadis tersebut tampak bahwa membaca hasbiyallah (atau hasbunallah dalam bentuk jamak) wa ni’mal wakil lebih diutamakan ketika dalam kondisi sulit. ini menunjukkan, dzikir ini sebagai simbol berserah diri bagi seorang hamba kepada Allah SWT yang sedang berada pada titik Nadir kehidupannya.

Dengan mengetahui uraian tentang arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir dan manfaat Dzikir di atas, semoga kita bisa mengamalkan bacaan dzikir tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita juga bisa menjadi pribadi yang selalu bertawakal kepada Allah SWT. Aamiin ya rabbal aalamiin.

 

Sumber : HR. Imam Bukhari No. 4197

___________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada Minggu, 16 Juni 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.

Editor : Lisanto
Selasa Wage, 23 Mei 2023