Sejumlah Aktivitas Pemicu Kanker

 
Sejumlah Aktivitas Pemicu Kanker

LADUNI.ID, Jakarta - Diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Penyakit ini terbentuk karena adanya jaringan abnormal serta karsinogenik yang sering merusak jaringan tubuh lainnya. Jenisnya pun tergolong banyak, mulai dari kanker getah bening, kanker usus, kanker kulit, kanker hati, kanker serviks dan lain-lain.

Kendatipun demikian, penyakit tersebut walaupun sangat berbahaya, namun tetap bisa di hindari dengan menjaga kesehatan secara baik dan menghindari sejumlah aktivitas atau Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari dan tak kunjung disadari akan memicu pertumbuhan sel penyakit sedikit demi sedikit. Berikut sejumlah aktiviitas pemicu kanker yang mesti dihindari :

1. Duduk Terlalu Lama

Ternyata duduk selama dua jam akan mengalami peningkatan kanker usus dan kolon sebanyak 8%, lalu peningkatan kanker paru-paru 6%, dan terakhir kanker endometriosis yang meningkat hingga 10%. Aktivitas ini, sering dilakukan oleh para pengemudi kendaraan yang bepergian jauh dan juga para pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya seharian didepan komputer. Oleh karena itu, jika dirasa lelah maka beristirahatlah sejenak dan renggangkan tubuh serta hiruplah udara segar agar tubuh kembali fit dan terhindar dari risiko kanker.


2. Jarang Berolahraga

Sebagaimana diketahui, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang isinya merupakan racun-racun yang mengendap dalam tubuh. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan agar setiap orang mau meluangkan waktunya untuk berolahraga saat pagi hari minimal selama 15 menit sebanyak 3 hingga 4 kali seminggu, guna menghindari sen=jumlah penyakit berbahaya seperti kanker dan lain-lain.

3. Kegemukan atau Obesitas

Ternyata, kanker juga disebabkan oleh kegemukan yang biasanya terjadi pada orang yang memiliki keturunan obesitas maupun Anda yang tidak menjaga asupan makanan. Oleh karena demikian, aturlah jam makan dengan baik dan teratur dan memilih asupan makanan yang seimbang dan bergizi.

4. Mengkonsumsi Daging Berlebihan

Bukan hal yang asing lagi bahwa mengkonsumsi daging sangat bermanfat bagi tubuh. Namun, jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Diketahui, Kadar lemak yang ada pada daging bisa menimbulkan penimbunan lemak dan menyebabkan obesitas. Selain itu, daging berlebihan juga bisa memicu munculnya kanker prostat dan kanker pankreas. Oleh karena itu,pilihlah daging yang rendah lemak atau daging merah karena memiliki kualitas yang sangat baik dan konsumsilah sesuai porsinya.

5. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Diketahui, mengkonsumsi minuman beralkohol akan menimbulkan rasa panas dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memicu sejumlah penyakit seperti kanker payudara, kanker tenggorokan, kanker hati, dan beberapa kanker lainnya yang ada di sekitar kepala.

6. Merokok

Asap yang dikeluarkan oleh rokok ini sangat berbahaya untuk kesehatan perokok aktif maupun perokok pasif. Asap tersebut akan memicu penyakit kanker akibat sejumlah kandungan zat berbahaya yang dikandungnya.