Doa Ketika Was - was dan Gelisah

Doa Ketika Was - was dan Gelisah

LADUNI.ID, Jakarta - Memiliki perasaan bahagia, nyaman dan aman adalah impian semua orang, namun tidak semua orang bisa mendapatkannya, banyak dari mereka yang masih merasa cemas, gelisah meskipun telah berusaha untuk tetap tenang, penyebabnya bisa bermacam-macam. Adanya masalah seharusnya tidak membuat kita cemas dan khawatir berlebihan karena ini bisa merugikan diri kita sendiri.

Patut disadari bahwa kegelisahan merupakan salah satu ujian dari Allah kepada Hambanya dan pada saat hati dalam kondisi gelisah, memohonlah ketenangan pada Sang Maha Kuasa,  Salah satunya dengan memanjatkan doa ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthmainnah, tu'minu biliqooika' watardhoo bi qodhooika wataqna'u bi'athooika

Artinya: " Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

Doa ini diriwayatkan Imam Thabrani dari Abu Umamah

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Sesungguhnya Nabi saw. bersabda (mengajari) seseorang. Katakanlah, ‘Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.’”