PPI Suriah Sambut HUT RI ke-74 dengan Gelar Istighosah Bersama

 
PPI Suriah Sambut HUT RI ke-74 dengan Gelar Istighosah Bersama

LADUNI.ID, DAMASKUS - Menyambut peringatan HUT RI ke 74, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Suriah menggelar acara istighatsah bersama, Rabu, 14/8. Bekerjasama dengan KBRI Damaskus dan PCI NU Suriah, acara yang diusung dalam rangka mendoakan negara Republik Indonesia ini berlangsung lancar dan khidmat.

Acara ini diikuti oleh seluruh anggota perhimpunan pelajar Indonesia, WNI dan hadir pula dalam acara tersebut Dubes RI Suriah, bapak Wajid Fauzi beserta jajaran stafnya.

Menjadi pembuka acara, grub rebana PPI Suriah menampilkan sejumlah qasidah khas yang umum disenandungkan oleh majelis shalawat di tanah air.

Memasuki acara inti, istighatsah dipimpin oleh Prof. Dr. Bassam Daud Ajk, Dekan Fakultas Dakwah dan Studi Islam Universitas Bilad Syam Cabang Syekh Ahmad Kuftaro. Dalam tausiyahnya, beliau menilai bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang berkah. Negara yang semula dari titisan ajaran wali songo ini membawa keberkahan lantaran metode dakwah yang lemah lembut tanpa adanya kekerasan akan menjadikan keberagaman bangsa mampu disatukan. Metode dakwah seperti ini yang telah diajarkan oleh Al-Qur'an.

Selanjutnya, Duta Besar RI Suriah, bapak Wajid Fauzi menyampaikan 4 (empat) nilai kebangsaan terkait perjuangan kemerdekaan Indonesia. Yaitu nilai persatuan Indonesia, kemandirian, semangat perubahan, dan moral budaya bangsa.

Dengan demikian, sebagai warga negara Indonesia, seyogyanya kita mengamalkan 4 (empat) perilaku dalam menjalankannya. Antaranya ialah, sikap pemersatu ditengah keberagaman, mencari penyelesaian masalah, kreatif menghadapi perubahan, dan menjadi teladan, berakhlak luhur serta mempunyai kepedulian sosial.

Acara diakhiri dengan do'a bersama, istirahat dan dilanjutkan dengan nonton bareng film kebangsaan. (PPISuriah)