Ternyata Kecanggihan FaceID Bisa Terkecoh dengan Selotip dan Kacamata

 
Ternyata Kecanggihan FaceID Bisa Terkecoh dengan Selotip dan Kacamata

LADUNI.ID, Perusahaan Apple mengklaim bahwa Face ID miliknya merupakan salah satu sistem kemanan biometrik paling aman untuk masuk ke iPhone. Tidak seperti fingerprint, Face ID akan memindai wajah secara 3D. Karena itulah Face ID tidak bisa dibohongi dengan menggunakan topeng atau foto dari pemilik iPhone yang bersangkutan. 

Akan tetapi, hal tersebut sepertinya terpatahkan setelah adanya sebuah penelitian yang mampu melewati sistem keamanan FaceID di iPhone yang disebut paling aman tersebut.

Pada Selasa (13/8/2019) para peneliti dari Tencent telah berhasil menemukan untuk memintas FaceID. Dan itu dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yakni menggunakan kacamata dan selotip.

Dua metode tersebut dibutuhkan untuk dapat mengelabui sistem liveness detection yang digunakan FaceID untuk menentukan bahwa wajah yang dipindai adalah wajah yang sebenarnya bukanlah topeng atau foto.

Dengan cara menempelkan selotip hitam pada kacamata dan meletakkannya di wajah pemilik saat sedang tidur atau tak sadar. Dengan metode ini, mereka para peneliti dapat membuka kunci iPhone pengguna bahkan cara ini juga mampu mengirim uang kepada diri mereka sendiri melalui aplikasi pembayaran mobile.

Kendati menggunakan dua alat yang terlihat sederhana namun metode ini tampak sedikit rumit dan sang peretas memerlukan akses, telepon korban, atau berharap si korban dalam kondisi tidur. 

Jadi hal ini kemungkinan terjadinya sangat keciil menimpa pengguna iPhone. Namun perlu catatan bahwa ini juga harus diperhatikan oleh Apple di masa mendatang demi keamanan penggunanya.