Pesantren Al Huda Boyolali

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al Huda Boyolali

Profil

Saat itu Habib Ihsanudin diminta untuk menularkan ilmunya dengan memberikan pengajian kepada anak-anak di kampung. Pengajian yang diadakan oleh Habib Ihsanudin ketika itu mendapatkan simpati dari masyarakat sekitar. Banyak putra-putri yang berasal dari dalam ataupun luar desa Doglo mengikuti pengajian yang dilakukan di Masjid Doglo tersebut. Desa Doglo ketika itu belum memiliki tradisi pendidikan ala pondok pesantren.

Aktivitas pengajian yang dilakukan Habib Ihsanudin sangat mengundang motivasi dan menarik minat warga. Hari demi hari jumlah jamaah yang mengikuti pengajian semakin banyak dan melebar keberbagai kalangan. Mengingat kebutuhan pengajian yang semakin luas, Habib juga meluangkan waktunya untuk melakukan pengajian keliling ke penjuru Kabupaten Boyolali.

Melihat perkembangan jumlah peserta yang mengikuti pengajian semakin bertambah, atas inisiatif beberapa tokoh masyarakat termasuk Ihsanudin (ayah Habib) berusaha merealisasikan bangunan pendukung seperti tempat memondok. Ternyata respon beberapa tokoh desa Doglo juga cukup baik, terbukti dari partisipasinya dalam memberikan atau mewakafkan tanah untuk tujuan tersebut. Ihsanudin (ayah Habib) mewakafkan sebidang tanah untuk dibangun masjid.

Tetangga Habib juga berpartisipasi dalam memberikan wakaf. Samsuri mewakafkan tanahnya untuk pondokan putri. Bangunan madrasah telah berdiri di atas tanah wakaf pemberian Ahmad Juki. Mohammad Hadi mewakafkan tanahnya untuk membangun pondokan putra. Peran masyarakat secara lebih luas adalah dengan memberikan tenaganya untuk bergotong royong. Seiring berjalannya waktu, Habib Ihsanudin menjadi tokoh yang tidak bisa dilepaskan begitu saja sebagai salah seorang pilar kekuatan ulama di Boyolali.

Habib sebagai kader muda saat itu telah mendapat kepercayaan dari masyarakat dengan memberikan kesempatan kepada Habib Ihsanudin untuk mengemban tugas sebagai wakil rakyat pada tahun 1971. Kepercayaan mengemban tugas sebagai wakil rakyat tersebut berjalan hingga tahun 1992. Hingga saat ini Habib Ihsanudin masih aktif sebagai sosok ulama dan menjadi panutan bagi sebagian besar tokoh masyarakat di kota Boyolali.

Pondok Pesantren Al Huda diresmikan oleh Kiai Toha Muid pada tanggal 20 Agustus 1969 bertepatan dengan tahun ke enam pengajian yang dilaksanakan oleh Habib Ihsanudin. Toha Muid adalah seorang ulama yang menjadi guru Habib Ihsanudin saat di Jawa Timur. Nama Al Huda sendiri adalah pemberian Toha Muid.

Perkembangan selanjutnya adalah mengusahakan agar pondok pesantren ini bisa eksis secara mandiri tanpa bantuan pihak luar. Eksistensi Pondok Pesantren Al Huda hingga saat ini masih tetap bertahan. Ada semacam pembagian tugas di antara Kiai Habib Ihsanudin dengan sang istri. Tugas-tugas yang berkaitan dengan pengelolaan pondok ditangani oleh ibu Zaenab Habib, sementara tugas-tugas pengembangan dakwah dan hal-hal yang bersifat keagamaan diemban oleh Kiai Habib Ihsanudin.

Dapat dikatakan bahwa Zaenab Habib juga memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan dan eksistensi Pondok Pesantren Al Huda hingga saat ini. Kiai Habib Ihsanudin adalah sosok kepala keluarga yang sangat menjadi panutan. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan sebagai juara 1 keluarga teladan se-Indonesia pernah didapat keluarga Kiai Habib Ihsanudin. 

       Pengasuh

  1. Kiai Habib Ihsanudin
  2. Ny. Zaenab Habib

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. PAUD
  2. MI
  3. MTs
  4. MA
  5. SMK

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Marchingband
  8. Paskibra
  9. PMR
  10. Silat Pagar Nusa
  11. Voli
  12. Basket
  13. Senam
  14. Seni Tari
  15. Sepakbola/Futsal
  16. Komputer
  17. Pramuka
  18. Seni Hadroh
  19. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  20. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha

 

 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Dapur
13. Kantor
14. Asrama Pengasuh
15. Kantin
16. Lapangan Olahraga: Basket, Voli, Tennis
17. Lapangan Serbaguna
 


 

Alamat

Dusun Doglo Desa Candigatak Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telpon: 0276 - 325-656

Kode Pos :  57362

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.