Presiden Jokowi Peroleh Penghargaan Tertinggi dari Organisasi Insinyur se-ASEAN

Presiden Jokowi Peroleh Penghargaan Tertinggi dari Organisasi Insinyur se-ASEAN

LADUNI.id, Jakarta – Berkat pembangunan infrastruktur yang dilakukan lima tahun terakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan penghargaan tertinggi dari organisasi insinyur 10 negara yang tergabung dalam ASEAN Federation Of Engineering Organization (AFEO), dalam Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN ke-37 (CAFEO37), Rabu (11/9/2019).

Kepada peserta konferensi, Jokowi mengatakan, tak layak menerima penghargaan bergengsi dari organisasi insinyur se-ASEAN tersebut. Seharusnya, penghargaan tersebut diberikan kepada seluruh insinyur yang telah berjuang membangun bangsa selama lima tahun kepemimpinannya.

“Sebetulnya yang patut mendapat penghargaan ini bukan saya. Tapi, sebenarnya penghargaan ini milik para insinyur Indonesia yang sudah kerja tanpa lelah di daerah pedalaman. Bapak/Ibu yang sepatutnya mendapatkan penghargaan ini,” kata Jokowi saat melakukan pembukaan acara CAFEO37 di JIEXPO, Jakarta.

Penghargaan The AFEO Distinguished Honorary Patron Award hanya diberikan kepada satu orang penerima setiap tahunnya. Penghargaan hanya diberikan pada tingkat kepala negara dan/atau Kepala Pemerintahan sebuah negara seperti Raja, Presiden atau Perdana Menteri.

Meski merasa tak berhak, Jokowi tetap menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan kepadanya. “Terima kasih atas penghargaannya,” bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto menilai Jokowi layak menerima penghargaan tersebut. Sebab selama lima tahun terakhir, Jokowi telah memimpin para insinyur untuk membangun bangsa.

“Seluruh karya gemilang insinyur-insinyur Indonesia selama lima tahun terakhir, di bawah kepemimpinan seorang insinyur terbaik Indonesia Ir Joko Widodo telah mendapat pengakuan dan apresiasi dari 10 organisasi insinyur se-ASEAN,” ujar Heru.

Atas dasar itu, Heru yang juga menjabat sebagai Chairman AFEO itu menyatakan sangat bangga Jokowi menjadi penerima penghargaan tertinggi dari organisasi insinyur. “Penghargaan ini membuat kita semua bangga sebagai bangsa,” pungkas dia.

Untuk diketahui, penghargaan itu bernama The AFEO Distinguished Honorary Patron Award. Sebelum Jokowi, Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Muhammad ialah penerima penghargaan tersebut di Singapura pada 2018 lalu. (*)

Sumber : Jawa Pos.com