Lingkungan Bersih di Hari Sumpah Pemuda

 
Lingkungan Bersih di Hari Sumpah Pemuda

 Oleh : Fitriani, S.Pd

28 oktober 2019 bertepatan hari sumpah pemuda pijay gleeh (Bersih ) mengadakan sebuah gebrakan peduli lingkungan.Pada tanggal 27 oktober 2019 pijay gleeh sebagai sebuah komunitas ikut andil dan peduli terhadap lingkungan membersihkan tumpukan sampah dan saluran air yang dapat menghambat dan juga dapat tercemarnya lingkungan yang bersih, asri dan indah dipandang mata.

 

Lingkungan bersih merupakan awal hidup sehat walaupun demikian kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat kita sangat kurang. Kebiasaan-kebiasaan serba asal masih terlalu melekat dalam kehidupan sehingga terabaikan

 

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal,tempat bekerja dan berbagai sarana umumlainnya.kebersihan juga salah satu tanda dan keadaan higienis.

 

Kita sebagai manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan agar sehat,tidak menyebabkan kotoran dan bau yang tidak sedap.Tidak sulit bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya,membersihkan selokan dan dapat mendaur ulang barang yang tidak terpakai.

 

Lingkungan yang bersih menjadikan hidup lebih sehat,udara terasa sejuk,tempat tiggal menjadi bersih dan terhindar dari segala macam penyakit. Maka dari itu mari bersama-sama kita bangkit bergegas membersihkan lingkungan kita agar terlihat indah dan asri sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan ditanah persada khususnya Pidie Jaya tercinta

 

Dalam syair kupuisikan:

 

Pidie Jaya indah dan asri

 

Kupuisikan untukmu

Wahai negeri...

Agar engkau kokoh

Tegak berdiri

 

Di tepi sungai kupejam mata

Lelah tak tau harus berbuat apa

 

Tergeletak dihamparan bendungan dihiasi ribuan sampah yang tersebar

Hanya bisa terdiam

Hanya bisa merenung

 

Hembusan angin yang dulu sejuk

Kini samar kurasakan

Ingin kubelai...ku nikmati

Namun yang menerpa tak dapat kunikmati

 

Pidie jaya yang indah dan asri

Sejak engkau berdiri

Tidak seorangpun yang peduli

 

Kini engkau bersama kami

Menemukan jati diri

Agar engkau selalu dikenang setiap insani

Itulah keinginan kamu

  Oleh : Fitriani, S.Pd

- Guru SDN 1 Trienggadeng Pidie Jaya

- Relawan Komunitas Pij4y Gleeh

- FAMe pidie jaya

- PRB Pidie jaya

- Pegiat literasi IGI Pidie Jaya