Santri Goes To Papua: Demi Merayakan Maulid Nabi Anak-anak Suku Kokoda Rela tidak Jajan

Santri Goes To Papua: Demi Merayakan Maulid Nabi Anak-anak Suku Kokoda Rela tidak Jajan

LADUNI.ID, Sorong -  Semingguan yang lalu, beberapa anak bilang pada saya kalau esok harinya kita akan makan-makan. Makan-makan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Usut punya usut, diantara mereka ternyata ada yang bilang kalau latihan hadroh di hari sebelumnya dikira merupakan suatu persiapan untuk acara tersebut.

Kepada mereka, kemudian saya bergurau supaya besok mereka menyisihkan uang jajan agar kita bisa mengadakan Maulid Nabi. Mereka pun menyatakan kesiapan. Tanpa saya duga, ternyata ada dua anak yang benar-benar menyisihkan uang jajannya dan diserahkan pada saya. Meski masing-masing hanya menyisihkan seribu rupiah, namun hal itu sangat menyentuh hati saya. Saya pun berazam dalam diri saya untuk mengadakan Maulid Nabi entah kapan harinya dan entah dapat biaya dari mana.

Selang beberapa hari, ada salah seorang kawan bertanya kabar pada saya. Dalam obrolan via WA itu, kemudian saya mengasih tahu ia tentang hal itu. Ia yang juga masih masyarakat suku Kokoda, kendati berada di Jayapura, tiba-tiba mengirimi sejumlah uang untuk keperluan kegiatan Maulid Nabi itu.

Tidak pakai lama, saya pun menyampaikan hal ini pada beberapa tokoh setempat. Kita pun berembug dan musyawarah tentang kapan dan bagaimana acara Maulid Nabi Muhammad SAW. diadakan. Meski beberapa kali acara mundur dari hari yang telah ditentukan, alhamdulillah, malam tadi, 17 Nopember 2019, acara perayaan Maulid Nabi tersebut bisa terlaksana dengan lancar meski dengan sederhana.

Betapapun, saya sangat berterimakasih kepada anak-anak yang bagaimanapun juga adalah inspirator supaya perayaan hari kelahiran manusia agung nan super ini bisa diadakan di kompleks Kurwato, sebuah kompleks masyarakat suku Kokoda di Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Tidak lupa pula terimakasih saya sampaikan pada mas Imam Putra Simurut dan kang Nikson Daat serta yang lainnya yang telah memungkinkan acara ini bisa terlaksana. JazakumuLloh khoiron katsiron, jazakumuLloh ahsanal jaza'.

===============================================================
Catatan tambahan:
Anda bisa turut serta membantu dalam bentuk dana untuk pengembangan dakwah Islam di wilayah pedalaman Papua Barat dengan mengirimkan ke:
Rekening bank Mandiri
atas nama Yayasan Dakwah Islam Aswaja
nomor rekening 070.00.0664.8054.
Konfirmasi ke Koordinator SGTP III dengan bapak Aidy Ilmy HP/WA 0812.1011.796.
Mohon menambahkan jumlah transfer dengan akhir digit "99", contoh Rp 500.099;

Catatan:
1. Kami tidak memungut biaya administrasi dan menyalurkan keseluruhan dana ke kegiatan di Papua Barat.
2. Untuk mengunjungi lokasi dapat menghubungi koordinator di tempat dengan ustadz Agus Setyabudi di HP./WA. 0852.2774.8441.
3. Bangunan Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah di kompleks pemukiman suku Kokoda di Kurwato adalah sumbangan dari kegiatan SGTP I-III.
4. Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah memperoleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU: 0028651.AH.01.04.

#SantriGoesToPapua #PPMaswaja #LTNPBNU #MuslimPapua #SukuKokodaKurwato