Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Tuntunan Ibadah

 

Benarkah Pelaku Takwil atau Tafwidh Musyabbih? (Kajian Ilmu Kalam)

Salah satu propaganda untuk menolak takwil atau tafwidh adalah dengan mengatakan bahwa pelaku takwil dan tafwidh sejatinya adalah musyabbih (orang yang menyerupakan Allah dengan makhluk) sebab awalnya dia membayangkan sifat Allah sama dengan manusia kemudian dia tolak bayangan itu dengan cara takwil atau tafwidh.

Apakah Allah Bersuara?

Pertanyaan ini adalah satu di antara bahasan yang tidak dilakukan oleh para sahabat tapi dibahas oleh para ulama, baik salaf atau pun khalaf. Kalau mau dianggap bahasan bid'ah, maka tak ada satu pun kelompok ulama yang selamat dari bid'ah ini. Tapi tentu saja, ini bid'ah yang dibutuhkan.

Tusuk Gigi Bersama

Sudah keselilitan? Sebentar lagi, setelah daging diberikan oleh panitia, maka semua merasakan makan daging, baik yang miskin hingga yang kaya, anak buah atau bos, murid atau guru, pekerja atau majikan, santri atau kyai, rata pokoknya, akan makan daging semuanya. Nah biasanya akan keselilitan bersama, yaitu daging nyangkut di sela-sela gigi (kecuali matic, tidak ada giginya).

Menyebut Kebaikan Orang yang Sudah Wafat

 Siapapun yang wafat diantara kita hendaknya kita yang masih hidup dianjurkan untuk menyebut segala kebaikan yang sudah dilakukannya.  Berikut adalah petunjuknya:

Ustaz Ma'ruf Khozin : Kesejahteraan Hewan (Animal Welfare)

Prinsip kesejahteraan hewan dilakukan dengan menerapkan prinsip yang meliputi bebas dar