Penjelasan Dan Penjabaran Tentang Ilmu Tasawwuf

 
Penjelasan Dan Penjabaran Tentang Ilmu Tasawwuf

LADUNI.ID, Jakarta - Salah satu ilmu Yang dapat membantu terwujudnya manusia yang berkualitas adalah ilmu tasawwuf . Ilmu tersebut satu mata rantai dengan ilmu- ilmu yang lainnya dengan pada sisi luar yang dhahir yang tak ubahnya jasad dan roh yang tak dapat terpisahkan keduanya, ilmu tersebut dinamakan juga ilmu bathin.

Ilmu ada dua macam yaitu, ilmu yang ada dalam qolbu, itulah ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang diucapkan oleh lidah adalah ilmu Hujjah atau hukum.
Kedua ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan karena ilmu dhahir diucapkan dan digerakkan oleh jasad atau tubuh dan ilmu bathin diamalkan oleh qolbu dan serentak pengalaman bersamaan keduanya. Hal tersebut menunjukkan bahwa ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan keduanya bahkan makin dalam ilmu tasawwuf seseorang makin dalam pula pengalaman syari'atnya,bahkan keluar masuk nafasnya dan khatar ( kata hatinya ),selalu dijaga dan dipelihara.

Tidaklah berlebihan jika misi utama kerasulan Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.
Sejarah juga mencatat bahwa faktor pendukung keberhasilan dakwah beliau itu antara lain karena dukungan akhlaknya yang prima.

Definisi Tasawwuf Menurut Imam Junaid, seorang

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN