Pada Hari ini Tiada Celaan

  1. Hadis:

    مِثْلِيْ وَمِثْلُكُمْ كَمَا قَالَ يُوْسُفُ لِإِخْوَتِهِ لَا تَثْرِيْبَ عَلَيْكُمُ اليَوْمَ يَغْفِرُ اللهُ لَكُمْ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

    Artinya:
    "Perumpamaan antara aku dengan kamu adalah sebagaimana Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya: "Pada hari ini tiada celaan terhadapmu, semoga Allah mengampuni bagimu dan Dia adalah yang Maha Penyayang di antara para penyayang."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam Al-Jami'ul Kabir Dari az Zuhry Dari sebagian keluarga Umar Dari Umar ibnu Khattab: "Ketika hari kemenangan (merebut kota Makkah) dan Rasulullah SAW waktu itu berada di Makkah Ketika Beliau mengirim utusan menemui Safwan ibnu Umaiyah, Abu Sufyan ibnu Harb, Al-Harits ibnu Hisyam, aku berkata: Sungguh Allah telah memberi kekuasaan (kepada kita) terhadap mereka, aku pasti mengetahui apa yang pernah mereka kerjakan (di masa lalu). Mendengar hal itu Rasulullah SAW. bersabda: Perumpamaan antara aku dengan kamu… dan seterusnya. Umar berkata: Sungguh Rasulullah SAW mengatakan kepada mereka seperti apa yang pernah Beliau ucapkan."

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN