Hikmah

 

Tradisi Ijazah Ilmu dan Tarekat #1

Lebih lanjut Imam An-Nawawi, sebagaimana dinukil Imam Suyuthi dalam kitab bernama Tadribur Rawi, menyebutkan, langkah tahammul wal ada’ (upaya

Dahsyatnya Fadhilah Shalawat

Bukan hanya itu, tetapi shalawat juga berarti berdoa memberi kemuliaan dan memuji nama yang maha sempurna Allah SWT agar kita selalu dekat dengannya sehingga ketika kita membutuhkan

Dahsyatnya Sepucuk Nasehat Syekh Ibnu Atha'illah

Oleh karena itu, kerjakanlah kewajiba untuk melaksanakan ibadah dan semua perintah Allah

Bagaimana Akhirnya

Ada satu doa yang sering kita dengar dan lantunkan, inti permohonannya adalah agar diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah. Husnul Khatimah bermakna akhir yang baik, makna yang lebih luas bisa berarti akhir dari pekerjaan apapun supaya berakhir dengan baik, termasuk akhir kehidupan ini, kehidupan di dunia berakhir dengan baik.

Do Not Judge A Person From His Appearance

Suatu hari ketika Nabi Muhammad saw duduk bersama para sahabatnya, melintas dihadapan beliau seorang yang jika dilihat adalah seorang yang badannya sehat dan segar, kulitnya bersih, menunjukkan ia orang kaya, Nabi pun bertanya kepada para sahabatnya, “bagaimana pendapat kalian tentang orang itu?”

Sejatinya Manusia

Jacq telah berhasil menanggalkan semua perbedaan itu dan menjadi "pemenang sejati" sebagai seorang manusia yang mengasihi sesamanya.

Kuasa Allah, Air Tsunami  Melompati Kubah Masjid 

salah satu bukti kekuasaan Allaah dari kejadian di Palu, Air Tsunami  Melompati Kubah Masjid 

Hidup adalah Ujian dan Cara Mengatasinya

Tidak ada manusia yang bebas dari ujian. Hanya saja bentuk dan kadar ukurannya setiap manusia berbeda-beda. Ada besar, berat, sedang, kecil, ringan atau biasa-biasa saja. Ujian atau musibah bisa datang kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Setiap manusia juga menyikapinya berbeda-beda.

Lupa dan Dilupakan Allah

Sejarah kehidupan manusia menyiratkan pembelajaran yang penting bagi manusia berikutnya. Tapi hanya manusia yang cerdas dan dapat menangkap sinyal-sinyal i’tibar yang dapat memaknainya sehingga lebih hati-hati dan selamat perjalanan hidupnya.

Sebagian Para Abdal (14): Perkataan Guru Sufi Abu Utsman al-Maghribi dan Guru-Guru Lain

Dalam kitab As-Safînah al-Qôdiriyah lisy Syaikh `Abdil Qôdir al-Jîlanî, pada bagian awal sebelum tulisan Ibnu Hajar al-Asqolani berjudul Ghibthotun Nâzhir fî Tarjamatisy Syaikh `Abdil Qôdir, terdapat tulisan berjudul “Muqoddimah fî `Ilmit Tashowwuf”, yang diberi keterangan “diambil dari kitab Kasyâfu Ishthilâhil Funûn wal `Ulûm