Haji dan Umroh

 

Hukum Umroh Kedua dan Seterusnya

Masalah ini meliputi banyak pembahasan yang masing-masing memiliki perbedaan pendapat dari para ulama:

Panggilan Pak atau Bu Haji bagi yang Belum Haji

Tidak hanya di Makkah dan Madinah kebiasaan memanggil orang yang tidak dikenal dengan nama "Haji", padahal yang dipanggil tadi belum tentu pernah naik haji. Di Indonesia juga banyak terjadi, termasuk saya (Ma'ruf Khozin) yang insyaallah baru naik haji di awal-awal 2020 an.

Doa Menyambut Jamaah Umrah

Doa Menjemput Jamaah Umrah

Doa Menyambut Jamaah Haji Sepulang dari Tanah Suci

Doa Menjemput Jamaah Haji Sepulang dari Tanah Suci

Apa Permintaan Kita kepada Jamaah Haji Baru Tiba dari Tanah Suci?

Mintalah Doa dan Ampunan Kepada Jamaah Haji Baru Tiba

Badal Haji bagi yang Meninggal Sebelum Wukuf

Pelaksanaan badal (orang yang mewakili)  haji yang selama ini dilaksanakan adalah bagi mereka yang umumnya sudah meninggal dunia di tanah airnya. Pelaksanaannya dilaksanakan oleh keluarga atau orang yang dipercayainya.

Mabit Mina di Muzdalifah

Sejak beberapa tahun belakangan ini, jumlah jama’ah haji secara terus menerus bertambah dan tampaknya akan terus demikian sesuai dengan semakin bertambahnya jumlah umat Islam di dunia dan bertambahnya kemampuan ekonomi serta kemudahan atas transportasi.

Perempuan di Masa Iddah Naik Haji

Seorang perempuan sedang menjalani ‘iddah karena ditinggal mati suaminya. Sementara itu secara ekonomis mampu melaksanakan ibadah haji dan secara akomodatif sudah mendaftarkan diri naik haji.

Melontar Jumrah pada Hari Tasyriq Sebelum Tergelincir Matahari

Hukum melontar jumrah qabl al-zawal terhitung sejak terbit fajar adalah diperbolehkan menurut Imam Rafi’i yang didukung oleh Imam Isnawi. Qaul tersebut dinilai dha’if, namun boleh diamalkan.

Menampilkan 11 - 20 dari 38 Haji dan Umroh