Haji Umroh

 

Melontar Jumrah pada Hari Tasyriq Sebelum Tergelincir Matahari

Hukum melontar jumrah qabl al-zawal terhitung sejak terbit fajar adalah diperbolehkan menurut Imam Rafi’i yang didukung oleh Imam Isnawi. Qaul tersebut dinilai dha’if, namun boleh diamalkan.

Sebelum ke Madinah, Ini Kegiatan Jemaah Haji

Jemaah Haji Aceh kelompok terbang (kloter) 01 dan kloter 02 telah tiba di Madinah, Kloter pertama tiba, Rabu (5/9) pukul 23.00 Waktu Arab Saudi dan Kloter 02 juga telah tiba di Madinah, Jum'at (7/9). Di Madinah jemaah haji melaksanakan

Haji dengan Cara Mengambil Kredit Tabungan Haji Pegawai Negeri

Bagaimana kedudukan hukum haji dengan cara mengambil Kredit Tabungan Haji Pegawai Negeri dengan borg (jaminan) dan angsuran dari gajinya ?.

Ustadz Faris Khoirul Anam : Mengapa Perlu ZIarah Haji

Menyambut jamaah haji yang baru datang dari tanah suci telah mentradisi di tanah air. Rupa-rupa bentuknya. Ada yang mengadakan acara secara khusus dengan mengundang kerabat, sahabat, dan kolega. Ada pula yang model “open house”. T

Arisan Haji yang Jumlah Setorannya Berubah-ubah

Bagaimana kedudukan arisan haji yang jumlah uang setorannya berubah-ubah dan bagaimana hukum hajinya?.

Melakukan Wuquf yang Bertentangan dengan Hasil Hisab

Jika terjadi pertentangan antara hasil hisab (hitungan astronomi/falak) dengan ru’yah (melihat bulan secara langsung), maka yang diamalkan adalah hasil ru’yah dan bukan hasil hisab menurut semua pendapat.

Keutamaan Dana Haji Untuk Membiayai Amaliyah yang Bersifat Sosial

Bagaimanakah pandangan Muktamar terhadap keutamaan penggunaan dana untuk naik haji ghair al-wajib dibandingkan dengan untuk membiayai amaliyah yang bersifat sosial kemasyarakatan ?.

Hukum Memulai Ihram Dari Jeddah

Orang Indonesia yang menunaikan ibadah haji melalui Jeddah yang akan langsung menuju Mekkah, apabila mereka memulai ihramnya dari Jeddah, apakah terkena wajib membayar dam bagi mereka?.

Menunda Keberangkatan Haji Karena Persyaratan Yang Belum Terpenuhi

Apakah berdosa orang yang sudah mampu haji, tetapi belum pergi haji karena tidak mendapat Kotum dari Pemerintah ?.

Melepaskan Burung Ketika Sedang Haji Atau Umroh Di Tanah Airnya

Mereka wajib melepaskan burungnya yang halal dagingnya dan semua hewan wahsyi (liar) yang dimiliki, karena hilangnya hak memilikinya sewaktu ihram.