Indeks Kitab

Kitab Tarikhul Auliya

Kitab Tarikhul Auliya Kitab ini merupakan karangan KH Bisyri Mustofa yang menjelaskan sejarah Walisongo di Indonesia secara ringkas.
Didalamnya dijelaskan asal usul dan keturunan Walisongo serta ditambah beberapa catatatan tentang sejarah Indonesia.

Salah satu keistimewaan kitab adalah penulis menulis isi kitab dengan aksara pegon berbahasa Jawa dari awal hingga akhir kitab, karena itu merupakan ciri-ciri kitab/buku Ulama-ulama di zaman dulu.

Kitab ini merupakan naskah karangan Kyai Bisri Mustofa yang berisi tentang nilai-nilai budi pekerti dan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari.
Naskah ini ditulis dengan huruf Arab dan berbahasa Jawa (Huruf Jawa Pegon).

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Tarikhul Auliya yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.

 

 

Lihat Kitab

Kitab Tanwirul Qulub

Kitab Tanwirul Qulub merupakan karangan kitab yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Amin Al Kurdi. Beliau merupakan pelaku sekaligus mursyid Tarekat Naqsabandiyah. Kitab ini adalah salah satu kitab tasawwuf yang sering dikaji di pesantren dan bersanding dengan kitab tasawwuf lainnya seperti Bidayatul Hidayah dan Ihya’ Ulumiddin..

Secara luas sebenarnya kitab ini membahas permasalahan agama secara umum, meliputi pembahasan tentang aqidah, ibadah dan tasawwuf. Namun prioritas dalam kitab ini, penulis lebih memperbanyak pembahasan tentang tasawwuf yakni cara seorang hamba mendekatkan diri kepada Tuhannya. Kitab termasuk dalam kategori menengah dengan ketebalan 640 halaman yang terbagai ke dalam beberapa bab dan pasal.
Meskipun tebal kitab disusun secar sistematis dan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga lebih mudah untuk mempelajarinya.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Tanwirul Qulub yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.

 

Lihat Kitab

Kitab Bulughul Marom Ibnu Hajar Atsqolani

Kitab Bulughul Marom adalah salah satu kitab karangan Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqalani. Kitab ini merupakan kitab yang membahas hadits secara tematik yang sering menjadi rujukan para ulama ahli fiqh, khususnya mazhab syafi’i dalam pengambilan hukum Fiqh.

Kitab ini terdiri dari 16 bab yang memuat 1.374 hadits pilihan. Dan hadits diambil dari sumber-sumber pilihan seperti Sahih Bukhori dan Sahih Muslim.
Setiap di akhir hadits  Syeikh Ibnu hajar selalu menuliskan perawi asal hadits sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami sanad hadits.

Salah satu keistimewaan kitab ini adalah penyusun juga memasukkan perbandingan beberapa riwayat hadits dan menjadi rujukan hadits kebanyakan umat muslim di dunia. Sehingga pembaca dapat mengetahui sanad hadits dengan baik dan benar.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Bulughul Marom yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.

Lihat Kitab

Kitab Idhotun Nasyi'in

Kitab Idhotun Nasyi'in merupakan kitab yang membahas nasihat nasihat bijak bagi kaum muda yang disusun oleh Syeikh Mustofa Al Glolayain.
Sesuai dengan judulnya Idhotun Nasyi’in yang bermakna bimbingan bagi generasi muda, kitab ini memuat 44 Bab yang membahas tentang nasihat bijak bagi para pemuda mengenai sifat terpuji, sifat tercela yang harus dihindari dan beberapa pembahasan ilmu seperti kepemimpinan, nasionalisme dan pembahasan lainnya.

Mengingat pemuda adalah penerus generasi bangsa dan agama, maka buku ini sangat dianjurkan untuk dikaji dikalangan generasi muslim khususnya sebagai pedoman dalam besikap dan penuntun ke arah yang lebih baik.
Susunan kitab yang ditulis berdasarkan sub pembahasan membuat pembaca lebih mudah dalam membaca dan memahami isi kandungan.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Idhotun Nasyi'in yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.

Lihat Kitab

Kitab Arbaun An-Nawawi

Kitab Arbaun An- Nawawi merupakan kitab karya Imam Nawawi yang membahas tentang fan hadits. Kitab ini terdiri dari 40 hadits pilihan sehingga disebut dengan Arbain atau Arbauna dalam Bahasa arab yang berarti 40.

Kitab Arbain Nawawi merupakan salah satu karya fenomenal Imam Nawawi, beliau menyusun hadits-hadits pilihan dengan singkat dan rapi sehingga mudah sekali untuk dipahami dan dihafal baik dikalangan santri maupun awam. Kitab ini bukan hanya  favorit para santri dalam fan hadits melainkan semua umat muslim di dunia, kebanyakan mereka memilih untuk memahami dan menghafalkan kitab ini sebelum mengkaji kitab hadits yang lebih besar.

Kelebihan yang paling menonjol dalam kitab ini adalah hadits yang dipilih merupakan hadits-hadits penting yang mencakup ajaran islam secara singkat dan mencakup sebagian besar urusan umat muslim, sehingga membuat pembaca tertarik untuk memahaminya.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Arbaun An- Nawawi yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.

Lihat Kitab