Artikel

 

Singkatan 'Jas Merah' Bukan Datang dari Bung Karno

Sejarawan Rushdy Hoesein mengatakan singkatan "Jas Merah" untuk judul pidato "Djangan Sekali-kali Meninggalkan Sedjarah!" bukan berasal dari Presiden Indonesia Pertama Sukarno atau Bung Karno.

Pesantren Yanbu'ul Qur'an Kudus

Pesantren Yanbu’ul Qur’an didirikan oleh K.H. Arwani Amin Said, seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah.

Mbah Moen: Memeriahkan Khataman Ihya’ adalah Pantangan

Menurut Mbah Moen, memeriahkan pengajian Ihya' Ulumuddin itu adalah sebuah pantangan. Kenapa demikian?

Pesantren As-Syafi'iyah Pulo Air Sukabumi

Pesantren Al-Qur’an KH. Abdullah Syafi’ie semula adalah kawasan wisata yang dikenal dengan nama Pulo Air, terletak di dekat perbatasan Sukabumi dan Cianjur

Produksi Cerutu Putra Atjeh Tembus Pasar Dunia

D’Cigar adalah Merk Cerutu produksi Firma Ganda, dengan memakai racikan tembakau terbaik ‘Tembakau Deli’ yang sudah sekitar 120 tahun di pasar export tembakau dunia di Bremen-Jerman Barat. Tembakau Deli inilah yang dibeli oleh perusahaan produksi cerutu dunia seperti Davidoff, Simon Bolivar dan lain-lain.

Kisah Nasruddin dan Pria Buta Huruf

Kecerdasan dan kebijaksanaan dari Nasruddin tidak pernah meninggalkan dia. Suatu hari seorang pria buta huruf datang ke Nasruddin dengan surat yang diterimanya.

Kematian Tradisi

Sore sejuk tanpa hujan, setelah memandikan Zafer anak keduaku, saya menyempatkan membaca cerpen di halaman hiburan harian Kompas. Cerpen itu berjudul "Mitoni Terakhir".

Misteri Menara Saidah Milik Suami Inneke

Bagi warga Jabodetabek tentu tidak asing dengan bangunan Menara Saidah, tinggi menjulang di Jalan MT Haryono Jakarta Timur. Sewaktu berdomisili di Bogor hampir setiap minggu saya melewati gedung ini. Dari Stasiun Bogor saat menuju Jakarta, saya transit di Stasiun Cawang yang letaknya persis di belakang gedung tersebut.

5 Zodiak Ini Benci Jika Disentuh, Namun Punya Alasan Sendiri

Jangan berburuk sangka terlebih dahulu, bisa jadi mereka punya alasannya sendiri. Beberapa orang tidak suka dengan sentuhan. Hal ini bisa juga dilihat dari zodiak. Sederet zodiak merasa risih dan tidak nyaman saat dirinya disentuh, bahkan ketika orang lain ingin memberi dukungan dan motivasi saat mereka bersedih.