Artikel

 

Dampak Evolusi Digital bagi Ekosistem

Seiring dunia kita melanjutkan evolusi digitalnya, konsumsi energi juga meningkat secara masif. Para peneliti di Amerika Serikat mengharapkan tiga kali lipat dari konsumsi daya dalam lima tahun ke depan dan industri komunikasi kita bisa sangat bertanggung jawab atas hampir seperempat dari konsumsi daya seluruh dunia dalam sepuluh tahun ke depan.

Abu Uteun Bayu Ulama  Kharismatik Aceh

Di dayah ini beliau mempelajari berbagai disiplin ilmu keislamanseperti ilmu tauhid (teologi), fiqh, tafsir, hadits, ilmu bahasa, mantiq dab tashawuf, khususnya dalam mazhab imam syafi’i

Ustaz Ma'ruf Khozin : Sayidah Aisyah Merasa Tidak Paling Suci

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam wafat di kamar Sayidah Aisyah, maka beliau dimakamkan di tempat tersebut. Demikian pula ketika Sayidina Abu Bakar, ayahanda Sayidah Aisyah, wafat juga dimakamkan di kamar Sayidah Aisyah.

Ber-Tuhan, Berkemanusiaan

Beriman, Berislam dan Bertaqwa seharusnya berbanding lurus dengan insaniyyah, memanusiakan manusia, berbuat baik pada lingkungan, dan makhluq lainnya, hatta makhluq ghaib.

Menghafal Versus Menalar (Seri 1)

al-hâfizh hujjah alâ man lam yahfazh, (orang yang hapal menjadi argumen terhadap orang yang tidak hapal). Dengan kata lain orang yang hapal teks-teks akan selalu dapat memenangkan perdebatan atau diskusi ketika berhadapan dengan orang-orang yang hanya mengandalkan logika, nalar atau akal semata.

Alumni Pesantren MUDI Samalanga Sang Pejuang dan Pembaharuan Petani Aceh #1

Ia dan gampong yang dipimpinnya mendapat sejumlah penghargaan karena berhasil mengelola dana desa untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat petani melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG

Kiprah Sosok Al-Mujaddid Abu MUDI dari Aceh Serambi Mekkah #1

Guru Besar Walisongo: IAIA Samalanga Namanya Telah Diabadikan dalam Al-Quran 

Seuntai Doa Milad Tahun Emas Al-Mukarram Abi MUDI dalam Keberkahan dan Pengabdiannya

Salah satu negeri di semenanjung barat nusantara ini yang populer dengan sebutan Serambi Mekkah, negeri yang pertama masuk Islam di nusantara ini telah banyak melahirkan ulama dan cendekiawan muslim bukan hanya terkenal di bumi ini bahkan seantero dunia.

Ulama Keturunan Aceh, Syekh Abdul Wahhâb al-Âsyî Sang Pelopor Sastra Hijaz Modern

Nama Abdul Wahhâb Âsyî sangat popular dalam dunia kajian sastra dan jurnalistik modern Saudi Arabia. Namun berbeda dengan di tanah leluhurnya, yaitu Aceh, nama Abdul Wahhâb Âsyî hampir tidak diketahui dan terasing

Zikir Asmaul Husna Ini Mampu Menundukkan Seseorang dan Melahirkan Cinta

siapa yang berzikir ‘Ya Qahhaar’ berdasarkan kemampuan atau sebanyak 306 kali, Insya Allah akan dijaga dari ketamakan dan kemewahan dunia dan keluar dari hatinya kecintaan dunia dan kebesaran terhadap sesuatu yang lain daripada Allah SAW.