Hikmah

 

Segalanya Ada Dalam Diri

"Seluruh isi dunia ini tersimpan di dalam setiap diri manusia. Semua yang kau lihat di sekelilingmu, termasuk sesuatu yang tak kau sukai atau bahkan orang-orang yang kau rendahkan atau kau benci, ada di dalam dirimu dalam kadar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan mencari setan di luar dirimu.

Keajaiban yang Datang di Bandara Madinah

Ketika diujung alat x-ray yang panjangnya sekitar 3 sd 4 meter, tas pinggang Saya lenyap. Sementara, koper Saya ada. Saya pikir, alamat kepulangan Saya tertunda.

Mengapa dan Untuk Apa?

 Masih bersama para ulama perempuan dalam Workshop Mubadalah. Aku menyampaikan lagi ; pada setiap pernyataan hukum hendaklah kita menanyakan "mengapa hukumnya demikian dan untuk apa?.

Wasiat Kiyai Abdullah Salam: Aku Tidak Ridho Jika Mencari Ilmu Karena Dunia

Lebih lanjut Gus Ulil berkisah, terbukti sekolah dibawah asuhan Kiyai Abdullah Salam tidak menerapkan Ujian Nasional. Alasannya, dikhawatirkan ketika para muridnya lulus dan mendapat ijazah, lalu menjadi pegawai akan lebih takut pada jabatan, atasan, dibanding kepada Allah. 

Kisah Mbah Utsman al-Ishaqy Berdakwah di Kampung Jahiliyah

Mulai dari lemparan batu, diejek, disoraki, dikasih besek mirip berkatan yang ketika dibuka isinya ternyata tai orang.

Pembaharuan adalah Niscaya

Sama sekali, tak ada kata terlambat untuk bertanya pada diri, “Apakah aku siap untuk mengubah hidup yang aku jalani saat ini? Apakah aku siap untuk mengubah diriku?”, bahkan meski hidupmu hanya tinggal satu hari.

Jangan Putus Asa dan Berhenti

Apapun yang terjadi dalam hidupmu dan semengerikan apapun segala sesuatu yang tampak di matamu, jangan sampai kau putus harapan, hingga meski semua pintu tertutup

Pesan Mbah Moen kepada Orang yang Menyakiti Ahli Shalat

Harus kita fahami bahwa ulama, ketika mengeluarkan pendapat itu tidak asal – asalan. Dan perkataan ulama bagi orang awam adalah petuah yang bisa dijadikan pedoman hidup.

Dunia Bagai Gunung Bersalju

Mungkin dipandang wajar dan adil jika orang yang berkata-kata buruk dan menyakitkan hati dibalas dengan cara yang sama. Jika tidak begitu dia akan makin berani dan melonjak. Begitu yang biasa kita dengar. Tetapi Syeikh Syamsi Tabrizi, sufi misterius itu menyampaikan pandangan lain. Mungkin kontoversial. Ia mengatakan :

Kisah Pengorbanan Ayah yang Selalu Dirahasiakan

Ayah, sosok yang teguh, yang hanya ingin istri dan anaknya bahagia. Simak kisahnya di sini...