Hikmah

 

Jangan Meremehkan Kebaikan Kecil!

"Orang-orang yang pengasih akan dikasihani (Allah) Yang Maha Pengasih, Maha Suci dan Maha Tinggi. Maka sayangilah orang yang ada di muka bumi, niscaya orang yang ada dilangit (malaikat) akan mengasihimu."

Introspeksi Membaca Kisah Teladan Pemimpin Tuli Nonmuslim yang Adil dan Bijak

Jika seorang nonmuslim saja bisa melakukan hal yang demikian mulia, bukankah justru sebagai seorang yang Muslim dan Mukmin dapat melakukan hal itu sebagaimana teladan Baginda Nabi Muhammad SAW?

Tiga Hal yang Menjadi Tolok Ukur Kehebatan Seseorang Menurut Imam Syafi'i

Dalam Kitab Manaqib Imam Syafi'i karya Al-Baihaqi dijelaskan, bahwa Imam Syafi’i pernah menyebut mengenai tiga hal yang menjadi ukuran kehebatan seseorang. Bila orang sudah memiliki dan mengamalkan tiga hal ini, maka tidak bisa diragukan lagi bahwa orang tersebut adalah orang yang hebat.

Kebijaksanaan Seorang Guru yang Mengaku Kalah Hebat Dibanding Muridnya

Terlepas dari kebenaran kisah ini, tetapi makna yang tersirat sangat dalam dan patut untuk diteladani. Kebijaksanaan seorang guru dengan ketawadlu'annya dapat membuat seoang murid semakin hormat dan ta'dhim tanpa harus dipaksa.

Dahsyatnya “Shalawat Megatron” untuk Meraih Kesuksesan

Belakangan ramai dibicarakan sosok atlet muda bola voli asal Jember yang sukses berkarier di kancah Internasional. Namanya adalah Megawati Hangestri Pertiwi, tetapi akrab disapa dengan panggilan Megawati.

Air Mata Mbah Hasyim Asy'ari Mengalir saat Membaca dan Mendengarkan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an

Hadratussyaikh KH. M. Hasyim merupakan ulama yang berjiwa sosial, tetapi juga ahli ibadah yang tidak ingin melewatkan waktunya tanpa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ketika Seorang Lelaki Yahudi Merindukan Sosok Rasulullah SAW

Salman menceritakan peristiwa berkaitan dengan lelaki Yahudi tersebut, lalu Fatimah mengeluarkan jubah Rasulullah SAW, yang terdapat tujuh tambalan dengan tali serat kurma, dan menyerahkannya kepada Salman, yang langsung membawanya ke masjid.

Kisah Kecintaan Kaum Nasrani pada Keluarga Nabi Muhammad SAW

Masjid An-Nuqtah yang berarti Masjid "tetesan" (darah Husein) terletak di Aleppo, Syiria menjadi saksi bisu sejarah di mana kaum Nasrani memperlihatkan kecintaaannya terhadap keluarga Nabi Muhammad SAW.

Pemuda Yahudi Modern yang Terinspirasi Masuk Islam

Jadullah Al-Qur'ani meninggal pada tahun 2003, dalam perjalanan hidupnya sebagai seorang Muslim. Namanya dicatat sejarah sebagai orang yang telah mengabdi untuk Islam selama sekitar 30 tahun lebih, dan telah berhasil mengislamkan lebih dari 6 juta orang di Afrika.

Habib Ali Al-Habsyi adalah Sosok Pemegang Panji Cinta Rasulullah

Maka tidak berlebihan, Habib Muhammad bun Husein Al-Habsyi dalam sebuah kesempatan di acara Haul Solo tempo hari, pernah mengatakan bahwa Habib Ali Al-Habsyi adalah sosok pemegang panji cinta Rasulullah SAW.

Menampilkan 131 - 140 dari 1.990 Hikmah