Hikmah

 

Kado Paling Spesial dari Allah SWT untuk Umat Muhammad SAW

Ketahuilah bahwa shalat adalah ibadah teristimewa, lantaran nabi langsung menerima mandatnya dari Allah lewat peristiwa isra’ dan mi’raj.

Keanehan Sufyan As-Tsauri dalam Merawat Keikhlasan

Tentang melatih diri dalam keikhlasan dan merawatnya, biasanya para ulama mempunyai berbagai cara. Salah satunya yang menarik adalah cara atau laku dari Sufyan As-Tsauri.

Mendidik Santri secara Lahir dan Batin ala KH. Bisri Mustofa

Seorang santri tidak bisa hanya dibentuk dari luar, melainkan dibentuk luar dan dalam, supaya tidak hanya secara fisik saja, namun secara batiniyah juga dapat bermanfaat bagi umat.

Mengapa Santri Suka Menata Sandal Kyai? Berikut Penjelasannya

Di dunia pesantren sering terjadi fenomena di mana santri menata sandal kiyainya. Fenomena tersebut sudah biasa terjadi di pesantren manapun dan menjadi sebuah tradisi yang terus dilakukan sampai saat ini.

Keteladanan KH. Zubair Dahlan dalam Menanggapi Gerakan Kaum Komunis

Ketika para PKI hendak dihukum mati, Kiyai Zubair Dahlan melarang keputusan tersebut. Beliau mengusulkan agar para PKI yang tertangkap dipenjara saja di tempat yang kini digunakan sebagai gedung MPG.

Syair-syair Sang Pujangga Sahabat Hassan bin Tsabit dalam Membela Nabi Muhammad SAW

Nama lengkapanya adalah Hassan bin Tsabit bin Al-Mundzir Al-Khazraji Al-Anshori, yang kemudian biasa disebut Abul Walid. Beliau merupakan salah satu sahabat dari kalangan kaum Anshor. Setelah masuk Islam, para sahabat menyebutnya sebagai “Sya’iru Rasulillah” (Sang Pujangga andalan Rasulullah).

Sejumlah Teladan Akhlak Mulia Rasulullah SAW

Tidak terhitung banyaknya teladan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Namun di antara sekian teladan itu, beberapa bisa dihimpun dalam tulisan berikut ini. Telada-teladan ini bisa ditemukan di berbagai kitab maulid, Hadis ataupun sirah (sejarah riwayat hidup Nabi).

Isyarat Cinta Nabi Muhammad SAW kepada Bangsa Indonesia

Syaikh Utsman bercerita bahwa dulu, guru beliau (namanya tidak disebut) yang juga merupakan guru dari Sayyid Muhammad Alawi, pernah bertemu dengan Rasulullah SAW yaqadhah atau secara langsung ketika sedang berziarah di Raudhah sebagaimana saat itu.

Akhlak Nabi Muhammad SAW Ketika Diludahi Seorang Yahudi

Suatu hari kaum kafir Quraisy berencana melakukan perbuatan buruk kepada Nabi Muhammad SAW. Orang-orang Quraisy memang sangat benci dengan dakwah yang dilakukan Nabi SAW. Mereka lalu mencari seseorang untuk melancarkan aksi jahat itu.

Adab Berjalan yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW

Kemampuan berjalan merupakan karunia yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya. Kisah di atas menggambarkan bahwa Islam pun mengatur tata cara atau adab berjalan yang baik. Setiap Muslim apabila sedang berjalan untuk sesuatu urusan diharuskan menjaga adab berjalan

Menampilkan 161 - 170 dari 1.990 Hikmah