Hikmah

 

Konteks Nabi Muhammad SAW Menikahi Shafiyah dan Kisah Isyarat Kenabian dalam Taurat

Gus Baha’ menegaskan bahwa memang wahyu yang datang kepada nabi itu tidak jarang susah dijangkau oleh akal. Hanya kecerdasan yang tinggi dan anugerah dari Allah yang mampu mengantarkan akal kita sampai pada taraf tersebut.

Mendoakan yang Baik untuk Pemimpin

Pernyataan itu menyiratkan makna bahwa kebaikan penguasa berpengaruh terhadap kebaikan rakyat dan negara. Kebaikan itu menjadi sangat luas. Sedangkan doa untuk pribadi, pengaruhnya hanya untuk dirinya sendiri.

Perjanjian Hudaibiyah sebagai Diplomasi Menghentikan Perang

Perjanjian Hudaibiyah meniscayakan sebuah perdamaian, meskipun pada saat itu bisa saja umat Islam menumpas dan menghancurkan orang-orang Kafir Quraisy. Ketika umat Islam sudah menang, justru Rasulullah SAW menawarkan satu perjanjian damai untuk menghentikan peperangan.

Pesan Mbah Wahab tentang Dua Golongan Manusia

Bagi Mbah Wahab, umat Islam harus mempunyai semangat juang yang tinggi dalam menebarkan kebaikan. Tidak boleh berputus asa dan selalu mempunyai harapan baik di manapun dan kapanpun.

Ketika Mbah Wahab "Tunda" Kematian untuk LPJ NU

Setelah Muktamar selesai, sebelum muktamirin tiba di kediamannya masing-masing, terdengarlah kabar bahwa Mbah Wahab berpulang ke rahmatullah. Dari itu para kyai NU dan khususnya Kyai Bisri menyaksikan dan mengakui kewalian Mbah Kyai Wahab Chasbullah. Al-Fatihah.

Ketika Jibril Menyumpal Mulut Fir’aun untuk Menolak Keimanannya

Di sisi lain, Tuhan menyebut Jibril dengan Ar-Ruh Al-Amin, yaitu ruh yang dapat dipercaya, sehingga Jibril-lah yang kemudian dipilih Allah untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul-Nya.

Belajar Hakikat Cinta dari Nabi Ibrahim dan Anak Istrinya

Karenanya, Nabi Ibrahim sangat sah dan patut disebut sebagai sang pecinta sejati. Sampai-sampai, anak dan istrinya ditinggalkan demi memenuhi perintah Allah SWT.

Keteladanan Rasulullah SAW dalam Membangun Kehidupan Rumah Tangga yang Romantis

Setidaknya ada empat sifat yang harus kita teladani dari Nabi Muhammad SAW dalam hal berumah tangga. Perilaku yang dicontohkan Nabi SAW adalah cara untuk mempertahankan keutuhan keluarga dengan sebaik-baiknya.

Rasa Penasaran Aisyah Terjawab saat Rasulullah SAW Tidak Memberi Air Minumnya

Sebaik-baik makhluk adalah Rasulullah SAW dan sebaik-baik akhlak seseorang tidak lain adalah akhlak Rasulullah SAW jua. Kepada beliau semua umat Islam patut mencontoh keteladannya.

Frekuensi Batin Santri Kyai Mutamakin Kajen dan Sayembara Burung Puyuh Raja Hamengku Buwono III

Bapak Mas Ahmad menyambut dan langsung mengatakan, "kamu itu anak santri yang punya pondok pesantren dan punya guru hebat, maka aku akan antar kamu ke Kyai Mutamakin Kajen untuk menanyakan permasalahan ini."

Menampilkan 151 - 160 dari 1.990 Hikmah