Hikmah

 

Karamah Abu Ishak Langkawe Sang Guru Ulama Aceh

Saat Abu Langkawi berdakwah entah bagaimana banyak masyarakat yang pulang dan membelakangi serta meninggalkan tempat tersebut,  mungkin tidak ada lelucon dan selingan seperti kebanyakan pendakwah zaman now

Kisah Rasulullah Mencoret Tujuh Kata Piagam Madinah

Rasulullah yang tidak menginginkan peperangan pun lantas mengambil jalur perundingan

Kisah Kucing Malang Penyebab Datangnya Rahmat Allah

Cerita hidup para sufi kerap menyibak hal-hal istimewa dari perkara-perkara yang tampak remeh. Sepele di mata manusia tak selalu rendah menurut Tuhan.

Bulan Rajab #7: Puasa Rajab, Bid’ahkah?

Keutamaan berpuasa pada bulan haram juga diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim. Bahkan  berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan. Nabi bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab).

Bulan Rajab #6: Istighfar Rajab dan Faidahnya

BULAN RAJAB merupakan bulan badah dan salah satu amaliah yang sering di lakukan oleh para ulama terdahulu dan mereka mengabadikannya dalam turast klasik berupaq “istigfar Rajab”. Keangungan dan kelebihan “istigfar ini” sangat banyak dan telah teruji keampuhannya.

Pengertian Hijrah dan Penjelasannya

Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam.

Pencuri yang Cerdas, Sebuah Kisah Hikmah

Ini adalah kisah hikmah seorang pencuri yang cerdas. Seperti apa kisahnya?

Kala Kelelawar Ditegur Nabi Sulaiman dan Kemalasannya

Kelelawar menjawab dengan membentuk dirinya bukan sebagai ciri burung namun bertingkah seperti hewan dan mengumbar penampakan  telinga dan sayap tidak dilepaskan

Kisah Mbah Paijo, Mau Shalat karena Bertemu Tokoh Wayang Werkudara

Mbah Paijo adalah tokoh kejawen yang dikenal ramah, sederhana dan dihormati, tapi tidak mau sholat.

Dia Bukan Pengemis, Sebuah Kisah Hikmah

Sebuah kisah yang sungguh mengharukan dan membuat kita semua malu membacanya. Simak kisah hikmah ini.