Hikmah

 

Berebut Pahala Shalawat di Malam Jum’at

Beranjak dari itu marilah kita perbanyak bershalawat bukan hanya malam Jum'at juga malam dan kesempatan lainnya. Marilah kita perbanyak berzikir dan bershalawat sambil terus introspeksi serta bermunajah kepada Yang Maha Kasih Sayang

Ahwal Ulama dan Keputusan Hukum Agama

edikit kronologi kenapa Imam Abu Hanifah (Madzhab Hanafi) menyatakan tidak sah berwudhu dengan air musta'mal. Sedangkan Imam asy-Syafi'i (Madzhab Syafi'i) menyatakan sah berwudhu dengan air musta'mal jika air tersebut mencapai 2 qullah/lebih dan tidak berubah sifat-sifatnya.

Tgk. Jambi dalam Samudera Keberkahan Dayah MUDI Samalanga #3

Biasanya waktu tersebut saatnya waktu belajar malam dan terkadang hujan kembali berlanjut pasca pengajian sudah dimulai. Kejadian tersebut bukan hanya sekali bahkan beberapa kali dan ini diceritakan oleh banyak santri dan dewan guru yang pernah nyantri di dayah tertua di Aceh itu.

Dahsyatnya Doa Ini, Suami Tidak Pernah Melupakan Istri dan Anaknya

Kita dianjurkan untuk membaca al-Qur’an dengan sebenar-­benar baca dan bertafakur serta tadabbur maknanya, artinya dengan menjurus kan fikiran kepadanya. Dengan demikian kelak terasa hubungan di antara satu ayat dengan ayat yang menyambutnya.

Ketika Seorang Ahli Ibadah Diselamatkan Pelacur

Ketika ada seorang ahli ibadah diselematkan oleh pelacur, sebuah kisah hikmah. Bagaimana kisahnya?

Kisah Teladan Amplop Habib Luthfi Bin Yahya

Ada sebuah peristiwa yang sampai saat ini masih saja membekas dalam ingatan tentang Habib Luthfi Bin Yahya. Malam itu, ketika aku duduk berdesak-desak dengan para tetamu yang memenuhi ruangan itu, tiba-tiba beliau menunjukkan kepada semua yang hadir itu sesuatu yang di luar dugaan.

Sendoknya Kasih, Mangkoknya Sayang

Aku turun menyeberang jalan, membelah hujan sore, demi memenuhi permintaan putriku yang pengen menghalau pahit lidahnya dengan kuah bakso.

Karomah Gus Dur, Weruh Sak Durunge Wineruh

Negeri Riau adalah negerinya orang-orang Naqsyabandi. Dan dari sini telah muncul seorang wali besar Syaikh Abdul Wahab Rokan

Gus Dur dan Mahfud MD

Momentum itu bagi Mahfud terasa aneh dan ajaib karena seolah-olah Gus Dur mengetahui pertemuan itu tanpa diberitahu oleh siapapun. Dia tidak tahu, apakah itu sesuatu yang kebetulan atau tidak. Tapi dia menilai, sepertinya Gus Dur dari kejauhan tahu.

Karomah Gus Dur, Membuka Langit

Pada kunjungan ke India, ketika pesawat udara mendekati New Delhi, terdapat awan yang sangat gelap yang menutupi bandar udara sehingga tidak mungkin untuk mendarat di bandara Internasional Indira Gandhi New Delhi, sebuah fenomena alam yang sangat ajaib, tiba-tiba saja langit terbuka dan sehingga pesawat bisa melewati awan dan begitu bisa mendarat, langit kembali tertutup awan hitam kembali